Kasih Sayang Ibu

Mata BundaIbuku hanya memiliki satu mata. Aku benci padanya … dia benar-benar sangat memalukan. Dia memasak untuk siswa & guru untuk mendukung ekonomi keluarga. Pada satu hari selama aku bersekolah di Sekolah Dasar, ibuku datang menengok dan menyapaku. Aku sangat malu.? Bagaimana dia bisa melakukan ini padaku?! Aku mengabaikannya, melemparkan pandangan yang penuh kebencian dan berlari keluar.

Keesokan harinya di sekolah salah seorang teman sekelas saya berkata,? “Eeee, ibumu hanya punya satu mata!” Aku ingin mengubur diriku sendiri. Aku juga ingin ibuku menghilang begitu saja. Maka suatu hari aku menghadap ibu dan berkata, “Jika ibu hanya membuat orang mengejek, kenapa ibu tidak mati saja ?!!!” Ibuku tidak menjawab!

Aku bahkan tidak berhenti untuk berpikir sejenak tentang apa yang saya katakan, karena aku selalu penuh amarah bila ada di dekat ibuku. Aku tidak menyadari perasaan-perasaannya … Aku ingin keluar dari rumah itu .. Maka itu Aku belajar dengan sangat keras, sehingga mendapat kesempatan untuk pergi ke Singapura untuk belajar. Kemudian, Aku menikah.? Aku membeli rumah sendiri.? Aku punya anak-anak, dan Aku senang dengan hidupku.
Lalu suatu hari, ibuku datang berkunjung. Dia sudah lama tidak melihat aku dan dia bahkan tidak pernah bertemu cucu-cucunya!. Ketika dia berdiri di dekat pintu, anak-anak saya tertawa-tawa. Aku berteriak padanya, “Beraninya kau datang ke rumahku dan menakut-nakuti anak-anakku!”? KELUAR DARI SINI! SEKARANG!!! ” Dan ibuku menjawab dengan tenang, “Oh, aku sangat menyesal. Aku mungkin telah mendapatkan alamat yang salah, ” dan dia menghilang dari pandangan.

Suatu hari, sebuah surat mengenai reuni sekolah datang ke rumah. Maka aku berbohong pada istriku bahwa aku akan melakukan perjalanan bisnis … Setelah reuni, lalu aku pergi ke gubuk tua itu, hanya karena ingin tahu!. Para tetangga mengatakan bahwa dia sudah meninggal. Aku tidak menitikkan setetespun air mata!!. Mereka menyerahkan sebuah surat bahwa ia ingin agar aku sekedar membacanya.

“Anakku sayang, aku memikirkan kamu sepanjang waktu .. Aku menyesal, bahwa Aku datang ke Singapura dan membuat ketakutan anak-anak kamu.

Aku sangat senang ketika aku mendengar kau akan datang untuk reuni. Tapi aku mungkin tidak dapat, bahkan tidak dapat keluar dari tempat tidur untuk melihat kamu. Aku menyesal bahwa aku telah membuat malu terus-menerus ketika kamu sedang tumbuh dewasa. Kamu ingat …….. ketika kau sangat kecil, kamu menderita suatu kecelakaan, dan kehilangan satu mata. Sebagai seorang ibu, aku tidak tahan melihat kamu harus tumbuh dengan satu mata.

Maka … Akupun memberimu satu mata.

Aku sangat bangga dengan anakku yang dapat melihat dunia baru yang gemerlap ini untukku, di tempatku, dengan mata itu. Demi cintaku padamu … Ibumu …

Dari Kitab Shahih Imam Muslim :

1) Hadis riwayat Abu Hurairah radhiyAllahu ‘anhu, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Allah telah menjadikan kasih sayang-Nya terbagi dalam seratus bagian. Dia menahan sembilan puluh sembilan bagian di sisi-Nya dan menurunkan satu bagian ke bumi. Dari satu bagian itulah para makhluk saling kasih-mengasihi sehingga seekor induk binatang mengangkat cakarnya dari anaknya karena takut melukainya.
Hadits marfu’ Kitab: Tobat Bab: Tentang besarnya kasih sayang Allah Taala yang senantiasa mendahului murka-Nya Nomor: 4942

2) Hadis riwayat Abu Hurairah radhiyAllahu ‘anhu: ia berkata: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Tatkala Allah menciptakan makhluk, Allah telah menuliskan dalam kitab catatan-Nya yang berada di sisi-Nya di atas Arasy bahwa sesungguhnya kasih sayang-Ku mengalahkan murka-Ku.Hadits qudsi Kitab: Tobat Bab: Tentang besarnya kasih sayang Allah Taala yang senantiasa mendahului murka-Nya Nomor: 4939

3) Hadis riwayat Usamah bin Zaid radhiyAllahu ‘anhu, ia berkata: Kami sedang berada di dekat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika seorang di antara putri beliau menyuruh seseorang memanggil beliau dan memberi kabar bahwa anak putri beliau itu sedang menghadapi maut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada utusan tersebut: Kembalilah dan kabarkan kepadanya bahwa apa yang Allah ambil dan Allah berikan adalah milik-Nya semata. Segala sesuatu di sisi-Nya adalah dengan batas waktu tertentu. Suruhlah ia untuk bersabar dan mengharap pahala. Utusan itu kembali dan berkata: Dia berjanji akan memenuhi pesan-pesan itu. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berdiri diikuti oleh Saad bin Ubadah dan Muadz bin Jabal.

Aku pun (Usamah bin Zaid) ikut berangkat bersama mereka. Kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam anak (dari putri beliau) diserahkan dan jiwanya bergolak seperti berada dalam qirbah (tempat air) tua. Kedua mata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menitikkan air mata. Lalu Saad bertanya: Apa arti air mata itu, ya Rasulullah? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Ini adalah rahmat (kasih sayang) yang diletakkan Allah dalam hati para hamba-Nya. Sesungguhnya Allah mengasihi para hamba-Nya yang pengasih.Hadits marfu’ Kitab: Jenazah Bab: Meratapi mayit Nomor: 1531

4) Hadis riwayat Abu Hurairah radhiyAllahu ‘anhu: ia berkata: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Tatkala seorang lelaki sedang berjalan pada sebuah jalan terasalah olehnya dahaga yang sangat. Lalu ia mendapati sebuah sumur dan bersegeralah ia meneruninya untuk minum.

Ketika keluar, tiba-tiba dia melihat seekor anjing menjulurkan lidah sambil menjilat-jilati debu karena sangat haus. Lelaki itu berkata: Anjing ini sedang kehausan seperti aku tadi lalu turunlah dia kembali ke dalam sumur untuk memenuhi sepatu kulitnya dengan air lalu digigit agar dapat naik kembali.

Kemudian ia meminumkan air itu kepada anjing tersebut. Allah berterima kasih kepadanya lalu mengampuninya. Para sahabat bertanya: Wahai
Rasulullah! Apakah kami akan mendapatkan pahala karena binatang-binatang seperti ini? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: Pada setiap yang bernyawa (mahluk hidup) ada pahalanya.
Hadits marfu’ Kitab: Ucapan Salam Bab: Keutamaan memberi makan dan minum kepada binatang ternak Nomor: 4162

Sumber:
file mymom.pps by mea
Shahih Muslim dari http://hadith.al-islam.com/Bayan/ind/

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: