Lingkaran setan asap rokok

Untuk berhenti merokok kita harus keluar dari lingkaran setan yang dibentuk oleh faktor adiksi nikotin. Nikotin yang terhirup bersama asap rokok akan diterima oleh reseptor otak yang kemudian akan melepaskan dopamin. Dopamin itu sendiri akan memberikan efek nikmat dan menenangkan kepada diri kita. Tetapi pada saat kita berhenti merokok, kadar dopamin akan terus menerus menurun, sehingga suatu saat akan menimbulkan rasa tidak nyaman serta dapat menimbulkan perasaan stress.

Maka untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dan perasaan stres itu, perokok harus memanjakan dirinya dengan asap rokok. Begitulah seterusnya sehingga untuk berhenti merokok kebanyakan tidak dapat dilakukan sekaligus, tanpa memutuskan siklus lingkaran setan tersebut.

Untuk berhenti merokok secara teoritis memerlukan campur tangan klinis, diperlukan obat-obatan untuk menetralisir ketergantungan kepada nikotin tersebut dan yang langsung mempengaruhi otak kita. Sehingga tentunya obat-obatan itu pemakaiannya harus berdasarkan resep dokter dan memerlukan konsultasi dokter secara berkala. Tentu cara berhenti merokok semacam ini memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Kesimpulannya adiksi terhadap nikotin sama saja dengan adiksi terhadap narkotika dan obat-obatan berbahaya lainnya, memerlukan campur tangan klinis yang serius untuk memberhentikannya. Maka sangat wajar apabila para intelektual agama kita mengharamkan kegiatan merokok, karena nikotin dari asap rokok itu dapat mengganggu otak sebagai pusat seluruh kegiatan manusia, disamping banyak sekali penyakit-penyakit yang bisa ditimbulkan oleh asap rokok. Disamping itu asap rokok akan memperparah polusi udara yang sudah merebak di lingkungan hidup sekitar kita.

Satu Tanggapan

  1. Ada tehnik yang sangat cepat untuk berhenti merokok yakni SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) yang dikembangkan oleh Ahmad Faiz Zainuddin bersama PT. LoGOS Institute. Dengan menggunakan ketukan pada titik energy meridian hanya dalam waktu 5-50 menit, seorang yang kecanduan rokok tidak mau merokok lagi.
    Adapun tahapannya adalah :
    1. Menghilangkan rasa enaknya rokok. efeknya sangat cepat, rokok rasanya sudah tidak enak, hambar, bahkan bisa sampai muntah jika merokok.
    2. Menghilangkan background emosi yang menyertai. Supaya kebiasaan merokok tidak kembali lagi, maka emosi (faktor psikologis) yang menyertai misal : Jika tidak merokok tidak bisa konsentrasi, setelah makan harus merokok, merokok karena stress dll. maka emosi2 itu dihilangkan juga dengan tehnik SEFT. jika 2 tahapan ini selesai maka perokok akan meninggalkan rokok secara permanent.
    3. Menghilangkan rasa kehilangan kebiasaan merokok (yang sudah menemani bertahun-tahun). ada orang yang punya kebiasaan lain karena hilangnya kebiasaan merokok, misal sering minum yang manis2, dll. Maka hal ini juga bisa diatasi dengan SEFT.

    Sudah ribuan orang yang menggunakan tehnik ini, dan berhasil sangat cepat menghilangkan kecanduan merokok. LoGOS Institute bersama BAZNAS juga pernah memecahkan rekor MURI untuk terapi rokok terbanyak sekitar 1500 pelajar perokok dengan menggunakan tehnik SEFT. dan hasilnya sangat luar biasa.

    Tehnik ini sangat mudah dan bisa dipelajari sendiri oleh setiap orang. Tanpa obat sehingga tidak ada efek samping. Berdasarkan riset ilmiah. Bahkan ada bukunya juga yang ditulis oleh Ahmad Faiz Zainuddin.

    Info SEFT dan buku SEFT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: