Asap Rokok terhadap Otak

Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara, mengerikan sekali apabila otak terus menerus menyerap udara yang mengandung asap rokok. Asap rokok akan menyebabkan otak lama kelamaan menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya.

Otak membutuhkan oksigen, apabila lima menit tidak mendapat pasokan oksigen manusia akan mati, bayangkan oksigen hanya 20% di udara terbuka dan hanya ada dua lubang hidung yang kecil sebagai jalan untuk berlalu, apabila asap rokok dihisap sedemikian banyak dan sering, maka tentu oksigen akan makin sedikit sampai ke otak.

Otak yang sehat memiliki fitrah yang bersih, kedalaman ilmunya menjadikan seseorang semakin memahami kebesaran Allah, dan membuatnya semakin bertakwa kepada Allah, ungkap Pernodjo dalam seminar Kiat Menjaga Otak Tetap Sehat, yang diselenggarakan Klinik Memori Bagian Ilmu Penyakit Syaraf  RS Dr Sardjito FK UGM.

Mudah lupa merupakan gejala awal dari kepikunan (demensia). Demensia disebabkan oleh penyakit organik di otak karena degenerasi sel-sel syaraf akibat kemunduran kemampuan intelektual, adanya gangguan memori yang disebabkan oleh kekurangan perawatan diri dan oleh gangguan-gangguan kejiwaan.

Beberapa langkah sehat dan tepat untuk mencegah demensia, yaitu: menerapkan pola makan sehat seimbang, olahraga teratur, dan tidur cukup. Jauhkan diri dari asap rokok dan pencemaran udara. Kurangi paparan sinar matahari.

Proses menua dan usia lanjut memang proses alami. Fenomena menua ini juga terjadi pada otak. Hal yang paling dirasakan adalah kemunduran daya ingat (memori) yang bisa secara normal dan bisa juga secara tidak normal yang salah satunya diakibatkan oleh asap rokok. Inilah yang kemudian menyebabkan demensia.

Demensia menyebabkan kualitas hidup penderitanya jelek dan hubungan sosial menjadi terganggu. Tak hanya itu, penderita juga menjadi beban keluarga dan negara, kata dr Astuti SpS dari SMF (Staf Medik Fungsional) Saraf di RS Dr Sardjito, Yogyakarta.

Asap rokok memiliki banyak efek buruk dan banyak juga orang yang sudah tahu. Anak-anak SD-pun bisa membaca bahaya-bahaya merokok di bungkus-bungkus rokok, di iklan-iklan dll, dan proses akal sehat mereka akan terluka oleh banyaknya kegiatan merokok oleh orang-orang dewasa yang terlihat di sekitar mereka.

Perlu diwaspadai di masa tua bahkan pada masa masih muda sekalipun, perokok rawan terhadap alzheimer (penyakit pikun).

Ketua Asosiasi Alzheimer Indonesia, dr Samino SpS (K), mengungkapkan, demensia alzheimer umumnya mulai menyerang pada usia 40-50 tahun. Saat itu, massa otak penderita mulai berkurang karena sel-sel saraf mengalami kematian secara cepat. Akibatnya, transmisi antarsel terganggu karena jumlah asetilkolin (zat yang berfungsi sebagai sarana komunikasi antarsel otak) menurun.

Di Amerika dan Eropa, demensia alzheimer merupakan penyebab kematian keempat setelah kanker, penyakit jantung, dan stroke.

5 Tanggapan

  1. Bahaya rokok sangat nyata bagi kesehatan, tapi kenyataannya malah banyak anak kecil seumuran SD yang merokok. Sayang sekali otak yang masih murni seperti itu mulai rusak di usia dini.

  2. Iya nih…q juga gak tahan sma asap rokok..kadang sesak didada,pusing..pokoknya ndak enak sekali.terus caranya agar otak kita tetap baik dan sehat untuk menerima materi pelajaran disekolah gmana?mohon balasannya..

    • 1. Tidak Mau Sarapan
      Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak. Sarapan yang terbaik di pagi hari bukanlah makanan berat seperti nasi goreng spesial, tetapi cukup air putih dan segelas jus buah segar. Ringkas dan berguna untuk tubuh!
      2. Terlalu banyak makan.
      Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun orang pada menurunnya kekuatan mental. Jadi makanlah dalam porsi yang normal.
      3. Jangan Merokok dan hindari Asap Rokok
      Rokok memiliki segudang efek buruk, semua orang pasti sudah tahu. Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak! Di waktu tua bahkan pada saat masih muda sekalipun, kita rawan alzheimer (alzheimer adalah penyakit pikun).
      4. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula
      Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu. Karena itu, kurangi konsumsi makanan manis favorit Anda.
      5. Polusi Udara
      Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.
      6. Kurang Tidur
      Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Tapi jangan juga kebanyakan tidur karena bisa membuat Anda menjadi pemalas yang lamban. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari agar sehat dan bugar.
      7. Menutup Kepala Ketika Sedang Tidur
      Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.
      8. Berpikir Terlalu Keras Ketika Sedang Sakit
      Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak. Sudah tahu sedang tidak sehat, sebaiknya istirahat total dan jangan forsir otak Anda.
      9. Kurangnya Stimulasi Otak
      Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Rajin membaca, mendengar musik dan bermain (catur, scrabble, dll) membuat otak Anda terbiasa berpikir aktif dan kreatif.
      10. Jarang Bicara
      Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi jangan terlalu bangga menjadi pendiam. Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan Anda.
      dari email

  3. thanks untuk info nya.. Sangat bermanfaat buat saya ..

    • Semoga dapat lolos dari ketergantungan atas asap rokok apabila anda perokok ataupun sedapatnya menjauhkan diri dari bahayanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: