Tips Berhenti Merokok

Jika anda mempertimbangkan untuk berhenti merokok maka ada beberapa tip untuk membantu Anda. Yang pertama adalah beritahu orang-orang yang dekat dengan anda bahwa anda sedang mencoba berhenti merokok. Dengan cara ini mungkin anda akan lebih mudah untuk tetap fokus pada rencana anda itu. Plus mungkin mereka akan menawarkan dukungan mereka yang anda perlukan pada hari-hari pertama. Atau anda dapat juga meminta nasihat atau bantuan orang-orang yang anda kabari itu.

Selanjutnya, jauhkan rokok dan alat-alat merokok (korek api, pipa, asbak dll) dari tempat tinggal, dari mobil dan dari tempat kerja. Ada ungkapan lama apabila tidak tampak, maka tidak akan terpikirkan. Bersihkan daerah sekitar anda dari bau asap, dapat dengan memakai deodorizer atau airfreshener untuk menghilangkan bau, karena jika Anda tidak mencium bau rokok anda tidak akan tergoda untuk merokok.

Kemudian buatlah daftar alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok. Jika Anda memiliki alasan yang dangkal, maka kebiasaan anda itu tidak akan berakhir. Pastikan ada alasan yang kuat sehingga anda akan dapat bersitahan dengan tekad kuat anda untuk berhenti merokok.

Anda memang bukan orang pertama yang berhenti merokok, tetapi juga anda bukan yang terakhir. Jadi agar ada dalam pikiran anda bahwa orang lain bisa berhenti merokok, maka andapun tentu bisa berhenti merokok. Jika anda sedang hamil, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk berhenti merokok. Anda tidak ingin kesehatan bayi berisiko karena merokok. Merokok saat hamil menyebabkan kelahiran bayi yang berbobot rendah dan kadang-kadang keguguran.

Alihkan kebiasaan merokok dengan melakukan hobi-hobi di mana Anda dapat menyibukkan diri, seperti berkebun atau memiliki kesibukan lainnya. Jangan banyak berpangku tangan sebab anda akan cenderung ingin merokok dalam keaadaan pasip. Menjadi lebih aktif secara fisik akan lebih memudahkan anda untuk menghentikan kebiasaan merokok lebih cepat.

Nikotin adalah bahan yang membuat anda sangat ketagihan. Cara yang ampuh itu adalah setiap jam yang anda lakukan tanpa rokok membawa Anda satu langkah lebih maju untuk menjauhkan ketergantungan kepada nikotin. Tulislah jurnal bagaimana keberhasilan usaha anda itu dari jam ke jam, itu akan seperti sebuah terapi yang akan membantu anda untuk berhenti merokok.

Menghitung hari-hari keberhasilan anda berhenti merokok, tentu akan membesarkan hati anda dan bahwa anda telah berhasil melawan permintaan merokok dari pusat syaraf anda yang ketagihan nikotin. Coba mengunyah permen karet atau lollypops untuk memenuhi lidah dari fiksasi menaruh rokok di bibir Anda.

Sehingga pada akhirnya tanpa anda sadari anda telah dapat berhenti merokok. Tentu anda akan merasa hebat dengan kemampuan anda menghindarkan diri dari kebiasaan buruk itu. Seolah-olah anda menaklukkan musuh yang merusak yang datang dari dalam tubuh anda sendiri, pepatah mengatakan siapa yang dapat merebut dirinya sendiri sama saja dengan merebut kota ROMA.

2 Tanggapan

  1. Terima kasih tips tipsnya, mudah-mudahan banyak orang (perokok) terinspirasi dari tips ini.

  2. wah artikel yang menarik….saya sudah coba beberapa kali tuk berhenti akan tetapi karena lingkungan saya semuanya merokok…akhirnya luntur juga niatnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: