Penyebab Utama Kanker Paru-paru

 

Matahari Pagi

Matahari Pagi

Bahwa 9 dari 10 penderita kanker paru-paru adalah perokok, dan kanker paru-paru adalah penyebab kematian utama dari semua jenis kanker, setiap 30 detik membunuh seorang dari para penderitanya di seluruh dunia. Yang berbahaya adalah bahwa penderita hanya akan mulai merasa sakit dan memeriksakan diri pada stadium menengah, bahkan mungkin pada stadium akhir. Jadi jika anda perokok , maka anda harus segera menyusun rencana untuk berhenti merokok.

Asap rokok adalah penyebab utama pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam paru-paru. Sel-sel liar tersebut akan tumbuh dan dapat menyebar dengan mudah ke organ-organ tubuh lainnya. Hal ini menyebabkan rendahnya tingkat harapan hidup penderita kanker paru-paru. Dan ternyata sel-sel abnormal itu sulit diketahui keberadaannya didalam paru-paru walaupun dibuatkan foto Rontgent. Sehingga kemudian penderita hanya dianggap sebagai penderita TBC, karena gejala-gejalanya hampir sama dengan sakit TBC.

Kanker paru-paru memiliki sejumlah gejala yaitu; batuk terus-menerus, nyeri dada, batuk darah, napas tersengal-sengal, serak, berat badan menurun, dan selalu merasa letih. Tetapi pada stadium awal, gejala-gejala ini sering tidak dirasakan oleh penderita. Akibatnya, ketika penderita pergi ke rumah sakit dan penyakit terdiagnosis, kanker paru-paru itu sudah berada dalam stadium menengah atau bahkan pada stadium akhir.

Demikian banyak riset yang mengungkapkan bahaya asap rokok terhadap aspek biologis dan kimiawi tubuh manusia. Studi pertama yang dilakukan dilaporkan di jurnal terkemuka Science edisi bulan Oktober 1996. Bahwa gen P53 di dalam DNA tubuh manusia berfungsi sebagai penekan tumor (tumor suppressor); jika fungsinya dimatikan, kemungkinan terjadinya tumor akan meningkat.

Pada umumnya diketahui bahwa asap rokok memiliki benzo[a]pyrene dalam jumlah banyak. Molekul ini adalah sejenis karsinogen (agen penyebab kanker) yang berbahaya dan terdapat di dalam jelaga, yaitu partikel-partikel karbon yang halus yang dihasilkan akibat pembakaran tidak sempurna arang, minyak, kayu atau bahan bakar lainnya. Bahaya molekul yang ditemui dalam jelaga ini telah lama diketahui. Banyak anak yang bekerja sebagai pembersih cerobong asap di London sejak Kebakaran Besar 1666 (the Great Fire of 1666) terkena Kanker Testicular.

Jaringan di dalam tubuh manusia memetabolisme Benzo[a]pyrene dengan cara menambah oksigen ke salah satu cincin molekulnya, mengubahnya menjadi molekul yang dinamakan epoksi diol (diol epoxide). Kegunaan metabolisme ini adalah untuk membuat benzo[a]pyrene lebih mudah larut di dalam air, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan dari tubuh. Tetapi molekul yang terbentuk, yaitu epoksi diol itu tidak dikeluarkan oleh tubuh. Lalu molekul ini berhasil menemukan cara untuk masuk ke inti sel, kemudian bereaksi dengan sel-sel DNA. Epoksi cepat sekali bereaksi dengan basa-basa Lewis, dan struktur DNA memiliki bagian yang merupakan basa-basa Lewis.

Para periset melaporkan di artikel jurnal Science tersebut bahwa epoksi diol bereaksi dengan DNA di daerah gen P53 yang diketahui mudah bermutasi. Dan ternyata bahwa ada banyak kasus kanker paru-paru yang memiliki mutasi gen di daerah gen P53 ini. Kesimpulan laporan hasil riset itu menyatakan bahwa benzo[a]pyrene dalam asap rokok adalah penyebab langsung mutasi gen yang diketahui berhubungan dengan kanker paru-paru.

Ayah angkat istri saya adalah pensiunan tentara, beliau meninggal karena kanker paru-paru. Perlu diketahui beliau bukan perokok, tetapi istri dan anak-anak lelakinya yang serumah adalah perokok. Foto Rontgent menunjukkan paru-parunya sudah mengalami kerusakan berat, sehingga kami anak-menantunya merahasiakannya terutama kepada Amih (sang ibu angkat). Maka bisa ditebak bahwa desingan asap rokok yang ganas itulah yang mengirimkan beliau ke Makam Pahlawan di Cirebon.

Satu Tanggapan

  1. Penyakit paru paru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: