Psikologi Berhenti Merokok I

ANDAIKAN ….
Anda memutuskan untuk berhenti merokok. Saat anda pulang kerja, anda selesai makan malam dan ….. tanpa sadar andamencari-cari rokok. Tetapi tentu saja anda ingat anda tidak merokok lagi.

Aduhh.. , maka pada saat itu, pasti akan timbul perasaan sesak di dada. Perasaan menyesal …….. perasaan bahwa anda kehilangan sesuatu yang penting dan mungkin perasaan kosong dan hampa ….. Kita semua tahu bagaimana rasanya.

Tetapi pertanyaan sebenarnya adalah: Bagaimana Anda dapat menangani perasaan terhadap kecanduan merokok ini? Apakah anda hanya akan menderita, mencoba untuk membendungnya dan berharap bahwa hasrat itu akan lenyap dengan sendirinya?

Maka ada satu pilihan saja. Suatu metode lama yaitu KEMAUAN KERAS. Atau anda akan menyerah saja pada hasrat itu – dan mulai merokok lagi ( atau mungkin anda berjanji akan berhenti merokok mulai besok atau lain kali saja )?

Atau anda akan untuk pertama kalinya: – mengikuti program berhenti merokok dan berusaha mencoba mentransformasi hasrat itu sehingga benar-benar menyenangkan untuk dihadapi.

Anda lihat, saat anda dapat melakukan itu, anda tidak akan takut lagi terhadap nafsu merokok ini bila anda berhenti merokok. Bahkan, anda akan mulai menyambutnya karena akan memberikan kesempatan lain untuk merespon dan menanganinya dengan CARA BARU.

Proses ini adalah inti dari berhenti merokok secara alami dan menemukan  pengalaman hidup yang mengesankan. Jika Anda tidak bisa percaya semua ini sekarang, jangan khawatir. Bersabarlah. Anda tidak akan harus percaya – ANDA AKAN MENGALAMINYA untuk diri anda sendiri!.

Program diet?
Apakah Anda sekarang mulai melihat bagaimana prinsip-prinsip ini juga dapat diterapkan untuk program diet. Anda melihat kue yang menarik. Anda ingin memakannya ketika …. Aduh…………- Anda ingat anda sedang menjalani program diet. Sekarang perhatikan cara anda merasakannya ketika hal ini terjadi?

Tidak dapatkah kita gambarkan ini sebagai …. Perasaan menyesal …… perasaan bahwa Anda kehilangan sesuatu yang penting lalu mungkin … perasaan kehampaan ….. Bukankah dasarnya sama saja seperti perasaan tidak dapat merokok? Namun, sebenarnya adalah pertanyaan yang sama dengan merokok: Bagaimana Anda akan mengatasi perasaan ini – nafsu makan yang kuat ini?

Anda akan menyerah saja – dan memakan kue itu atau anda akan mencoba dan memaksa  diri untuk tidak memakannya dan akan merasa menderita karenanya? Mengapa kita tidak mempertimbangkan alternative lain? Menerima perasaan ini, atau keinginan untuk makan ini. Tapi, bukan untuk berhenti menyerah, pelajari bagaimana menangani dan merespon dalam suatu cara baru, sehingga anda tidak keberatan mengalaminya.

Ingat, dengan menerapkan prinsip-prinsip yang sama ini, anda TIDAK perlu menjadi gemuk ketika anda berhenti merokok. Bahkan, jika anda ingin ….. Anda dapat menurunkan berat badan selama anda berhenti merokok.

Sebuah rasa ketakutan
Sekarang, saya tahu bahwa ketika kita mulai pogram ini, sebagian besar pembaca akan merasa cemas, gelisah dan tegang. “ Saya bertaruh program ini tidak akan bekerja untuk saya – atau bahkan jika berjalan, saya tahu hasilnya akan buruk.” Atau: “Bagaimana saya mengatasinya, tanpa rokok dalam hidup saya? Ini suatu yang tidak mungkin. ” Jika anda seperti kebanyakan perokok, pemikiran ini akan gemuruh didalam pikiran anda sekarang ini.

Anda bayangkan…
Anda bebas dari hasrat buruk merokok. Anda tidak akan lagi memenuhi paru-paru anda dengan tar yang menyebabkan kanker paru-paru. Mengacaukan dan meracuni aliran darah anda. Kekurangan oksigen dalam setiap otot dan organ tubuh anda, sehingga setiap hari anda menjadi letih dan lebih lesu dan layu.

Anda bayangkan …
Tidak akan lagi anda menghukum diri anda sendiri untuk sebuah kehidupan penuh .. Kekotoran, kelusuhan, kekusutan……Nafas buruk …. Gigi berkarang ..Pakaian terbakar … Dan bau busuk tembakau pada jari-jari anda.

Anda bayangkan …
Anda tidak akan lagi menghabiskan banyak uang untuk suatu kesenangan yang secara sistematis membunuh diri anda sendiri. Sekarang, saya hanya ingin anda untuk mengambil kata saya bahwa:

Kalau anda ingin berhenti merokok, ANDA BISA.
Program ini akan membawa Anda langkah demi langkah dalam proses berhenti merokok untuk selamanya.

Tetapi yang lebih penting lagi, kami ingin menunjukkan cara berhenti merokok dengan mudah dan menyenangkan. Tujuan kami adalah sederhana saja. Kami ingin anda berbahagia bahwa anda menjadi seorang non-perokok.

Tidak ada banyak poin jika saya membantu anda untuk berhenti merokok tetapi akhirnya anda merasa sedih dan marah dan selalu berpikir kehilangan ‘teman lama’

Ilusi dari kemauan keras.
Ini adalah poin sangat penting. Kita semua tahu orang-orang yang mencoba untuk berhenti merokok melalui willpower. Menjadi manusia willpower. Mereka percaya bahwa jika mereka memaksa diri untuk tidak merokok dan jika mereka mencoba mati-matian untuk menjaga pikiran mereka seperti itu – kemudian suatu hari …… mudah-mudahan, nafsu merokok itu akan pergi dan mereka dapat disembuhkan dari kecanduan.

Diluar semua upaya terbaik itu, berpikir tentang …. Merokok. Ketika anda pergi bermasyarakat, anda melihat banyak orang merokok dan muncullah pikiran adanya sesuatu yang tidak adil: “Mengapa mereka merokok dan saya tidak boleh?” Anda merasa ada sesuatu yang kurang, kosong dan tidak lengkap.

Tentu kita benar-benar yakin bahwa kita tidak akan pernah dapat menghibur diri tanpa merokok. Ini adalah suatu ingatan kuat yang tertanam dalam pikiran kita.

Mari kita kembali ke willpower para perokok kita…..
Mayoritas orang-orang di sekitar, bahkan di pub tidak merokok. Mereka tampaknya akan menikmati diri sepenuhnya – tanpa perlu menghirup asap yang menjadi kanker paru-paru bagi mereka! Memaksakan asap maut itu ke paru-paru. Mengapa?  Non-perokok tampaknya tidak memiliki keyakinan bahwa untuk menikmati diri mereka harus memaksakan asap maut ke dalam paru-paru.

Hal ini sangat penting disaat kita mulai program ini. Jangan hanya menggunakan tekad kuat saja untuk berhenti merokok. Jika anda gagal sebelum berhenti merokok dan menemukan seluruh pengalaman menyedihkan dan mengerikan, inilah yang mungkin menyebabkan anda gagal. Jika anda meluangkan waktu untuk mencari tahu mengapa anda merokok dan kebenaran (bukan mitos atau stereotip) tentang apa yang terjadi bila anda berhenti merokok, anda tentu akan menemukan dengan berhenti merokok akan lebih banyak mendapatkan kebaikan.

Ide lama : Jika anda ingin berhenti merokok, juga penting bahwa anda mengesampingkan semua stereotip lama tentang orang yang berhenti  merokok. Kita semua tahu mereka …… Mereka jadi gila untuk sebatang rokok. Menarik-narik rambut mereka sendiri, karena rasa sedih dan kosong. Kehidupan mereka terobsesi dengan hanya satu hal – mencari rokok.
 
Tangguhkan semua cerita horror ini. Mungkin benar di masa lalu. Ketika sebagian besar orang, baik secara sadar atau tanpa disadari menggunakan willpower saja untuk berhenti merokok.

Pengertian era baru.
Hari ini, bagaimanapun, berkat perkembangan baru dalam psikologi terapan, berhenti merokok dapat dengan mudah dan permanen. Dan tidak perlu melibatkan semua trauma diatas tadi. Bahkan, jika pendekatan anda secara benar, itu mungkin menyenangkan anda. 

Hal ini penting. Bila Anda berhenti merokok – ya, anda akan merasakan sesuatu tapi tidak ada lagi siksaan fisik, hanya perasaan sementara bahwa anda kehilangan sesuatu.

Perasaan bahwa anda sedang kehilangan sesuatu yang khusus — tetapi ini hanya untuk sementara. Bagaimanapun, untuk berhasil berhenti merokok dan melalui cara willpower, kita harus lebih mendalami perasaan sementara ini. Anda harus menyadari bahwa: Anda sulit atau mustahil berhenti merokok sebab sekarang ……… Anda percaya bahwa anda butuh merokok dan bahkan lebih dalam lagi, anda percaya bahwa jika anda berhenti merokok sekarang, hidup anda tidak akan pernah menyenangkan lagi. Dalam satu kalimat: Anda yakin hidup Anda akan amat tidak tertahankan.

Keyakinan inilah yang membuat berhenti merokok itu sulit, bukannya soal ketagihan nikotin. Sekarang Anda tidak hanya secara fisik ketagihan merokok, tetapi secara psikologis anda ketagihan merokok. Jika anda secara murni ketagihan secara fisik, tidakkah semua koyo nikotin memiliki rekor 100% sukses?
 
Namun, kita semua tahu bahwa meskipun kita menggunakan nikotin pengganti, kita masih akan terus merasa tersiksa oleh keinginan untuk merokok. Lagi dan lagi, kita akan merasa kita harus memiliki rokok.

Sewaktu-waktu, walaupun bisa sampai ke tahap di mana kita hanya tidak peduli – bahkan yang paling mengerikan peringatan-peringatan kesehatan tidak mempengaruhi diri kita lagi – kita hanya ingin merokok.

Dimana keinginan ini berasal? Itu berasal dari pengaruh keadaan. Saat ini, saya percaya bahwa merokok adalah kesenangan yang esensial. Bahkan, sebagian besar dari kita memiliki halangan besar untuk bahkan berpikir tentang berhenti merokok. Mengapa?

Karena saya percaya bahwa supaya melakukan sesuatu tentang kecanduan kita, yakni berhenti merokok – kita akan harus mengakhiri kesenangan dan mengahiri kesenangan adalah sesuatu yang tidak kita ingini.

Kerja nyata anda dalam berhenti merokok terletak pada pengertian bahwa anda benar-benar tidak butuh merokok. Anda tidak akan pernah benar-benar bebas sampai anda menyadari bahwa merokok bukan suatu kesenangan murni dan bahwa ketika anda berhenti merokok, anda tidak akan merasa kehilangan sesuatu kesenangan murni. Bila Anda berhenti merokok – satu-satunya hal yang harus anda hilangkan ……. adalah ilusi bahwa merokok adalah suatu kesenangan yang esensial.

Saya tahu bagaimana perasaan Anda, tetapi saya meminta Anda, pada tahap ini adalah untuk menangguhkan ketidakpercayaan anda hanya untuk beberapa saat – sampai Anda memiliki kesempatan untuk membuktikan psikologi ini tepat untuk diri anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: