Psikologi Berhenti Merokok IV

Mega Proyek di depan Majidil Haram Mekah

Mega Proyek di depan Majidil Haram Mekah


Mari kita ulangi lagi poin-poin yang penting. Bahwa anda menemukan kesulitan untuk berhenti merokok sebab anda meyakini  merokok itu adalah kenikmatan tiada tara, menghibur, menyenangkan, menghilangkan stress dan menghilangkan duka lara.

Anda juga percaya bahwa merokok dapat membantu anda dalam banyak hal lainnya – dan jika anda berhenti merokok, anda akan kehilangan semua keuntungan ini.

Tetapi situasi yang membuat lebih buruk lagi adalah karena anda percaya bahwa jika anda berhenti merokok, maka anda tidak akan memperoleh apa-apa kecuali rasa sakit dan kesengsaraan. Itu suatu kepercayaan yang keras getas.

Baiklah, saya akan beritahu anda sedikit rahasia …. Jutaan orang di seluruh dunia telah membuktikan ini. Semua kepercayaan tentang merokok, kesulitan-kesulitan untuk berhenti merokok dan bahwa anda akan menghadapi kesengsaraan jika anda mencoba

berhenti merokok adalah TIDAK BENAR.

Bagaimana anda dapat mengetahuinya dengan pasti? Mudah saja. Sya tidak ingin anda mempercayai kalimat-kalimat diatas tadi.

Anda akan tahu dengan pasti karena anda akan membuktikan dan mengalaminya sendiri.

RANGKUMAN DAN Refleksi sebelumnya :

Sehari-hari, kita sebenarnya menggunakan uang kita sendiri secara sistematis untuk menghancurkan tubuh kita sendiri – untuk merubah sel-sel hidup yang sehat berobah menjadi sel-sel kanker yang mematikan – dan kita tetap begitu gigih – setiap hari,  setiap jam melakukan pekerjaan itu.

Ya, Anda akan merasakan sesuatu bila anda berhenti merokok, namun perasaan kehampaan, kekecewaan dan kegelisahan yang anda  rasakan saat anda berhenti merokok tidak datang dari adiksi nikotin, tapi dari keadaan mental terkait dengan merokok. 99% dari orang yang merokok sehari-hari tidak sadar dengan apa yang mereka lakukan setelah hembusan pertama rokoknya.  Kita merokok karena kita ingin merasakan perasaan yang nyaman tanpa disadari bahwa kita telah melakukannya dengan merokok.

Ada dua hal yang menyebabkan kita selalu ketagihan merokok. Kepercayaan Mutlak (keadaan mental) yang kita butuhkan – bahwa  kita harus memiliki rokok agar kita terhibur. Dan adiksi kimiawi nikotin. Seperti semua orang yang ketagihan obat semacam narkoba. Saat ini, kami ingin menangani bidang adiksi kimia ini. Apa dan bagaimana dapat mengatasinya. Ini adalah langkah kunci penting ke jalan menuju kebebasan.

Kebenarannya, sekarang, sejauh ini anda dalam ketergantungan nikotin. Banyak orang yang ingin berhenti merokok tidak ingin mengakui hal ini. Dan dengan berbagai cara, saya dapat mengerti mengapa. Sebab ini terlalu akrab dengan horor adiksi heroin dan membangkitkan gambaran keputus-asaan yang gelap.

Tapi ini merupakan kebenaran yang harus kita hadapi. Kebanyakan orang yang ingin berhenti merokok percaya bahwa ia adalah  salah satu dari : (1) sepenuhnya adiksi kimia nikotin (2) sepenuhnya dependensi psikologis Kenyataannya adalah kedua-duanya: adiksi nikotin dan kepercayaan mutlak bahwa kita perlu merokok untuk bersenang-senang.

Beberapa orang, mungkin tidak akan mengakui bahwa dia adiksi nikotin. “Tidak – Saya tidak ketagihan”. “Saya benar-benar dapat merokok atau tidak merokok”. “Saya merokok karena hanya ingin menikmati rokok. Saya dapat berhenti merokok ketika saya ingin berhenti”. Atau yang terkenal: “Saya hanya merokok karena merupakan kebiasaan saja – Saya akan berhenti ketika saya siap.

Tidak ada masalah”. Alasan, lagi-lagi alasan . . Jangan percaya kata-kata itu. Ini tidak lain hanyalah alasan-alasan belaka.

Sekarang ini, pada saat ini anda merokok karena ANDA HARUS MEROKOK – BUKAN KARENA ANDA INGIN MEROKOK. Jika anda tidak  percaya saya – coba test. Berjanjilah bahwa anda tidak akan merokok selama 24 jam. Setelah beberapa lama, anda akan menemukan bahwa hal itu sangat sulit – Anda hanyalah HARUS merokok. Kita semua tahu rasanya. Jika anda terkena kebuntuan dalam suatu rapat, bagaimanapun anda tidak dapat menunggu lama-lama untuk segera keluar lalu merokok.  Itu BUKAN HANYA sebuah keinginan – itu sebuah PAKSAAN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: