Psikologi Berhenti Merokok V

2 wajah perokok

2 wajah perokok


Meninggalnya Mbah surip sungguh mengejutkan. Al Maut akan berkunjung kepada siapa saja, tetapi tentu saja dengan alasan-alasan yang jelas. Apakah saya salah, kalau saya beranggapan Mbah Surip meninggal karena gaya hidupnya yang berbahaya, yaitu salah-satunya merokok hingga tiga bungkus sehari.

Mitos Merokok
Bila anda perokok, anda akan menjadi kecanduan nikotin. Untungnya, dan ini adalah berita yang baik, meskipun ini kesalahpahaman yang populer, nikotin adalah zat yang mudah mengatasi gejala-gejala ketagihan secara fisik. Berapa banyak perokok yang benar-benar tahu hal ini? Mari saya ulangi dan saya berniat untuk mengulang lagi dan lagi: Salah satu Mitos Besar Merokok adalah bahwa anda akan menderita secara fisik gejala-gejala yang disebabkan ketergantungan nikotin bila anda berhenti merokok.

Ketagihan secara fisik akan nikotin ringan-ringan saja. Faktanya, berhenti merokok adalah 99% mental dan 1% fisik. Dan apa yang 1% – hanyalah perasaan kosong, perasaan gelisah tidak lengkap …. perasaan sementara ada sesuatu yang hilang. Hanya itu. Hanya itu semua pengalaman fisik ketika anda berhenti merokok.

Bahkan, sebagian besar perokok tidak sadar akan gejala-gejala fisik apapun pada saat mereka berhenti merokok. Saya menekankan lagi: Satu-satunya hal yang akan anda rasakan ketika anda berhenti merokok adalah sedikit ketidaknyamanan fisik, sedikit kekosongan, kegelisahan, rasa lapar yang akan dirasa tidak nyaman untuk tiga hari pertama dan kemudian secara bertahap akan menghilang.

Bolehkah saya bertanya ? Jika anda dengan kepala dingin menghentikan setiap hal dan menunggu dalam ketakutan kapan semua gejala-gejala itu akan muncul ? Tentu saja tidak. Akan tetapi sebuah ketidaknyamanan yang akan bisa diabaikan dan teruskan saja usaha anda itu, karena anda tahu bahwa hal itu akan hilang dalam beberapa hari. Anda tidak perlu menghebohkannya.

Ini adalah sejenis ATTITUDE yang harus anda laksanakan bila akhirnya anda berhenti merokok, karena sebenarnya ketidaknyamanan fisik anda lebih ringan daripada apa yang ada di dalam kepala anda.

Jagoan anda di Film dan di TV ?  Di mana dia sekarang?
Ini semacam satu poin penting. Anda tidak menyadari betapa marahnya orang-orang seperti saya dan semua orang-orang yang telah berhasil berhenti merokok, ketika melihat orang-orang dan terutama film-film TV mempertahankan mitos lama ini.

Suatu Konspirasi
Kita semua tahu suatu stereotip. Karakter utama di TV show memutuskan berhenti merokok. Kita lihat dia dalam humor yang buruk, berjalan bolak balik di dalam ruangan yang berantakan seolah-olah ada kekerasan. Segera kita lihat dia dalam suasana hati di mana dia akan hampir membunuh untuk mendapatkan sebatang rokok, melompat-lompat ke atas dan ke bawah dengan rambut acak-acakan. Siapakah orangnya yang ingin menghadapi hal yang membuat sekarat seperti itu? Dan tentu cara untuk meyakinkan orang adalah bahkan untuk tidak mencoba berhenti merokok. Tentu bukan secara kebetulan MITOS ini muncul dalam film-film zaman terdahulu yang disponsori oleh pabrik-pabrik rokok.

KEKUATAN MITOS.
Apa yang benar-benar memperparah Mitos ini. Tidak hanya muncul dalam TV dan Film bahwa Mitos ini bertahan tetapi bahwa orang-orang yang benar-benar ingin berhenti merokok takut oleh gambaran-gambaran ini. Dan sebagai akibatnya mereka menangguhkannya. Mereka batal berhenti merokok untuk menghindari rasa sakit ini. Dan itu hanya sebuah Ilusi. Tetapi karena orang percaya bahwa hal itu benar, itu akan mempengaruhi mereka. Suatu kepercayaan yang mungkin tidak benar dalam realitas – tetapi jika kita percaya  – maka akan sangat mempengaruhi kita seolah-olah itu adalah benar.

Ketika bumi itu datar …
Sebuah contoh yang menakjubkan ini adalah bahwa selama berabad-abad orang percaya bahwa bumi adalah datar – dan selama berabad-abad, orang-orang takut menyeberangi laut di mana langit dan laut bertemu, jangan-jangan mereka akan jatuh ke jurang di tepian bumi! Walaupun itu adalah kepercayaan yang jelas salah. Faktanya  orang-orang percaya dan ini berpengaruh pada perjalanan seluruh kehidupun manusia di bumi.
 
Semua sikap mereka, perasaan dan rencana tentang perjalanan ke berbagai tempat di dunia diwarnai oleh kepercayaan ini.
Padahal butuh satu orang saja untuk menantang kepercayaan ini dan untuk membuktikan kepercayaan ini salah, bahwa tidak perlu takut dan gentar jika mereka ingin berlayar ke seluruh dunia. Segera bila mereka menyadari atas kekeliruan kepercayaan mereka, perjalanan ke seluruh dunia akan terwujud.

Anda memiliki kepercayaan palsu dan ketakutan bahwa bila anda “berlayar” menuju horizon untuk berhenti merokok secara permanen bahwa rasa sakit yang dahsyat dan horor sedang menunggu Anda. Dan karena anda percaya untuk begitu lama, seperti para penjelajah terdahulu, bahwa anda mulai benar-benar merasa sangat takut jika anda harus berhenti merokok.

Sebuah CERITA …….

Bayangkan ketika anda hidup pada saat orang-orang benar-benar percaya bahwa bumi adalah datar. Bayangkan: Anda masih percaya bahwa jika anda melakukan perjalanan terlalu jauh ke laut bisa jatuh ke dalam jurang di tepian bumi. Ketika, tiba-tiba, karena keadaan di luar kontrol anda diminta untuk berlayar ke laut mencari uang Raja yang hilang. Dan anda tidak mempunyai pilihan lain.  Sekarang malam ini sebelum anda berlayar ……………..
 
Bagaimana perasaan anda? Tegang? Cemas? Bahkan, mungkin karena kengerian disebabkan keyakinan bahwa jika anda berlayar terlalu jauh anda mungkin akan mati, tidak ada kabarnya lagi. Kemudian, tiba-tiba saja pada pagi hari berikutnya, anda mendengar berita yang menarik bahwa baru saja anda mencapai wilayah baru dan andapun tidak dapat mempercayainya.

Dan bahwa seorang pelaut asing telah berlayar di seluruh dunia dan menemukan bahwa bumi itu bundar dan bahwa berlayar adalah merupakan salah satu bentuk perjalanan yang bisa dilakukan dengan aman. Maka dalam seketika terjadi transformasi sikap terhadap perjalanan anda itu, dan sekarang dengan penuh kegembiraan dan kesenangan anda akan melanjutkan petualangan anda.

Sebagai seorang perokok, bahwa kepercayaan lama tentang perjalanan di depan anda akan keras dan dahsyat adalah tidak benar, namun jika anda terus mengikuti kepercayaan yang lama itu, anda akan merasakan ketakutan dan emosi yang sama seperti yang dihadapi pelaut-pelaut dahulu kala itu.
 
IDE KUNCI

Kepercayaan lama bahwa perjalanan di depan anda akan keras dan dahsyat adalah palsu, namun jika anda terus saja mengikuti kepercayaan itu, anda akan mengalami ketakutan, kesakitan dan ketidakpastian.

Ribuan dari kita telah membuat perjalanan itu dan kita akan membuat penemuan besar, jika pendekatan perjalanan itu benar dan tidak ada apa-apa di depan anda, tetapi semata-mata keberhasilan, sukacita dan kebebasan, ketika anda mencapai daratan di mana para non perokok hidup sejahtera.

Satu-satunya hal antara anda dan kenyataan adalah inti kepercayaan yang menyatakan bahwa berhenti merokok adalah menyakitkan dan harus dihindari.

Ketakutan akan kesakitan

Jika anda bisa mengatasi kepercayaan ini dan menerima kepercayaan yang benar, maka  pada tahap ini sebenarnya anda sedang mengatasi salah satu rintangan utama yang membuat anda merokok. Adalah mengherankan bahwa jumlah orang yang meyakinkan diri bahwa mereka menikmati rokok, padahal kenyataannya yang mendalam bahwa mereka takut kesakitan yang akan mereka hadapi.” Dan akhirnya dalam banyak kasus, mereka berpegang teguh kepada kepercayaan bahwa tidak ada obat untuk berhenti merokok. Dan semua ini hanyalah sebuah alasan pertahanan yang dirancang untuk melindungi diri dari kesakitan yang dipercayai harus dihadapi.

Padahal andai anda tahu bahwa derita fisik yang akan dihadapi adalah suatu derita  kecil yang tidak menguatirkan dan hanya berlangsung beberapa hari pertama….

Hampir lima dari semua kematian lebih dini disebabkan oleh merokok.

Korban-korban misinformasi
  
Bahwa itu bukan kesalahan anda, ketika tanpa disadari anda telah menerima semua kepercayaan palsu tentang merokok. Kita semua ini korban mitos universal,  tetapi satu per satu, kita harus menghadapinya dan menelanjangi kesia-siaan ini.

Hal ini tidak hanya akan menjadikan keuntungan pribadi karena semua orang yang berhasil berhenti merokok dan menemukan seluruh prosesnya mudah, akan membuatnya 100% lebih mudah bagi semua perokok yang mengikuti jejak mereka.

Maka tidak hanya ucapan “Selamat Berhenti Merokok”, tetapi bahkan ucapan “Selamat menjadi MAHAGURU”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: