Bom Atom Einstein

ledakan bom atomAlbert Einstein menulis surat kepada Presiden Roosevelt pada tahun 1939, menerangkan tentang terbukanya kemungkinan membuat senjata atom dan sekaligus menekankan arti penting bagi Amerika Serikat untuk secepatnya membuat senjata itu sebelum didahului Jerman, dan tentu saja diiringi kebenciannya kepada Nazi Jerman sebagai pembunuh orang-orang Yahudi. Gagasan itulah kemudian mewujudkan “Proyek Manhattan” yaitu suatu proyek yang sangat rahasia yang akhirnya dapat menghasilkan bom atom untuk pertamakalinya di dunia, yang total biayanya menghabiskan 2 Milyar USD.

Tetapi Presiden Franklin Roosevelt pada usia 63 tahun meninggal secara tiba-tiba karena struk (pendarahan otak) disaat Perang Dunia II berkecamuk dengan dahsyatnya. Maka naiklah Wapres Harry Truman menggantikan Roosevelt pada bulan April 1945. Kemudian Harry Truman, sebagai panglima tertinggi yang melihat kenyataan bahwa sudah 900 ribu orang Amerika yang menjadi korban perang (termasuk yang meninggal, yang hilang, yang ditawan dan yang luka-luka) dan mendapati bahwa angka itu terus bertambah setiap hari rata-rata 1000 orang. Para panglima perang Negara-negara Sekutu melaporkan bahwa peperangan di Eropa akan berlangsung lebih dari enam bulan dan di Area Pasifik kemungkinan akan berlangsung 1,5 tahun lagi. Maka sebagai mantan militer (veteran PD I) Harry Truman yang baru saja tiga bulan menjadi Presiden menulis perintah hanya pada secarik kertas dengan pensil untuk menjatuhkan bom atom di Jepang, berikut ini memo-nya kepada Secretary of War – Stimson:
memo bom atom truman
Stimson sejak lama mengingatkan penggunaan alat ledak yang dahsyat itu, malah mengojok-ojok Harry Truman yang ketika itu masih menjadi seorang Senator untuk melancarkan Proyek Rahasia Manhattan. Berkali-kali dikatakan bahwa Jerman akan memenangkan peperangan dalam satu malam apabila lebih dulu berhasil membuat Bom Atom.

bom einsteinHasilnya Perang Dunia II berakhir lebih cepat dari yang diperkirakan, ketika Jepang menyerah 14 Agustus 1945, menyusul Proklamasi negara kita, dan jangan lupa bahwa Otak Yahudi-lah di belakang jalannya sejarah dunia itu semua. Dan akhirnya, ternyata pengakuan negara Israel diumumkan oleh Presiden Harry Truman, ketika Presiden Israel yang baru Chaim Weitzmann datang ke Gedung Putih sambil menghadiahkan Gulungan Kitab Taurat kepadanya.

Einstein adalah salah seorang ilmuwan paling cemerlang dan paling orisinal di dunia. Teori-teorinya sangat kontroversial. Tak ada ilmuwan dunia kecuali Darwin yang pernah menciptakan situasi kontroversial seperti Einstein. Akibat itu, di tahun 1913 dia diangkat sebagai mahaguru di Universitas Berlin dan pada saat berbarengan menjadi Direktur Lembaga Fisika “Kaisar Wilhelm” serta menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Prusia.

Maka tidak salah apabila Pemerintah Jerman sebelum NAZI berkuasa menganugerahi Einstein dengan sebarisan panjang kedudukan yang istimewa itu karena persis dua tahun kemudian Einstein berhasil merumuskan “teori umum relativitas,” dan tahun 1921 dia memperoleh Hadiah Nobel. Sepanjang separuh terakhir dari kehidupannya, Einstein menjadi buah bibir dunia, dan hampir dapat dipastikan dialah ilmuwan yang masyhur yang pernah lahir ke dunia.

Tetapi karena Einstein seorang Yahudi, kehidupannya di Jerman menjadi sangat tidak aman begitu Adolf Hitler naik berkuasa. Di tahun 1933 dia hijrah ke Princeton, New Jersey, Amerika Serikat, bekerja di Lembaga Studi Lanjutan Tinggi dan di tahun 1940 menjadi warga negara Amerika Serikat. Einstein meninggal dunia tahun 1955 di Princeton.

Einstein memang manusia yang luar biasa, tetapi jangan lupa ratusan ribu rakyat sipil di Hiroshima dan Nagasaki menjadi korban hasil pikirannya, kita harus tetap berpikir adil untuk mengidolakan seseorang.

Al Israa’ 4. Dan telah Kami tetapkan terhadap Bani Israil dalam Kitab itu: “Sesungguhnya kamu akan membuat kerusakan di muka bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar.”

Al Baqarah 11. Dan bila dikatakan kepada mereka:”Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi. ” Mereka menjawab:  “Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan.”

Sumber Tulisan :
1. 100 Tokoh yang berpengaruh di dunia, Michael Hart
2. Harry Truman, by David Mc Cullough 1992, US Bestseller & Pulitzer Prize Winner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: