Psikologi Berhenti Merokok VI

umur anda

sisa umur

Jangan hanya menyalahkan diri sendiri perihal kebiasaan merokok. Suatu masa lebih dari 60% dari populasi orang dewasa menjadi perokok.  Bahkan, pada tahun limapuluhan, dikatakan oleh para dokter dan perusahaan rokok, bahwa rokok bahkan tidak menimbulkan risiko kesehatan.
Mekanisme merokok.
Setiap hisapan asap rokok, melalui paru-paru ke otak, maka dosis kecil zat nikotin yang sebenarnya beraksi lebih cepat dibandingkan dengan dosis heroin melalui injeksi ke pembuluh-pembuluh darah.

Karena nikotin adalah zat yang cepat beraksi maka level aliran darah turun cepat menjadi sekitar setengahnya dalam waktu setengah jam dan turun seperempatnya ketika mengahiri sebatang rokok.

Segera setelah seorang perokok mematikan rokoknya, maka nikotin dengan cepat mulai meninggalkan aliran darah dan perokok mulai menderita kegelisahan karena ketagihan, dan hatinya berkata  “Saya menginginkan sebatang rokok”.

Apa yang kemudian perokok lakukan?
Dia tentu memiliki rokok yang lain dan dalam waktu tujuh detik nikotin segar dipasok dan ketagihanpun berakhir……. tetapi segera dimulai lagi dan lagi ….. ….. dan ……. lagi dan rantaipun berjalan dan itu adalah rantai untuk suatu kesinambungan kehidupan, kecuali jika kita segera menghentikannya.

Jadi jika anda merasa suka merokok – dan kita semua tahu rasanya – keinginan tidak masuk akal untuk merokok – dengan menyadari bahwa hal itu tidak lain hanya ‘monster kecil’ nikotin – yang meminta sejumlah dosis racun setiap jam.

Hanya itu.
Bukan suatu hal yang besar dan menakutkan, tidak banyak biaya yang akan kita tanggung.
Itu hanyalah seekor ‘monster kecil’ yang sedang mencoba untuk mengirim pesan ke otak – biasanya setiap jam – “Saya perlu lebih banyak racun Nikotin ..”

Kenyataan..
Kenyataannya adalah sederhana.
Anda adalah seorang teradiksi nikotin.
Anda adalah nikotin addict. Anda merokok menyuplai tubuh Anda dengan nikotin, namun ini bukan akhir dunia. Ada beberapa kabar gembira. Penting untuk diingat bahwa meskipun nikotin adalah salah satu zat yang paling kuat karena kecepatannya menjadi ketagihan, semoga Anda tidak akan sangat ketagihan.

Karena ini zat yang cepat bereaksi, maka dibutuhkan hanya tiga minggu untuk 99% dari semua jejak-jejak nikotin untuk meninggalkan tubuh Anda dan gejala-gejala fisik dengan gejala sangat ringan sepertinya tidak akan terasakan.

Bukankah ini berita yang besar?
Kita semua tahu akibat yang dahsyat dari merokok tapi setidaknya ada jalan keluar dari penderitaan ini. Kalau saya pikir saya ada dalam rantai kehidupan akan adiksi nikotin dan kita yakin kita akan harus menderita ketagihan mengerikan untuk melepaskan diri daripadanya.

Tapi sekarang kenyataan baru yang sederhana telah muncul bahwa orang-orang di seluruh dunia telah menemukan diri mereka sendiri:
Ketika Anda berhenti merokok tidak ada derita fisik untuk berperang melawan hasrat buruk merokok. Kita semua akan merasa sedikit tidak nyaman, yang akan datang dalam bentuk perasaan kosong, merasa resah, yang mana akan secara perlahan-lahan setelah kita berhenti.

Keraguan yang tetap hidup.
Tetapi masih ada keraguan dalam pikiran anda, sekarang, bukan?
“OK”, Anda mungkin berkata, “Saya memahami ini adalah seluruh masalah ketagihan nikotin dan saya dapat menerimanya bahwa saya tidak ada masalah dalam hal gejala ketergantungan yang mungkin harus dihadapi – dalam kenyataan yang sebenarnya saya  menunggu hal itu – tetapi saya masih ada keraguan yang samar. Ada banyak hal untuk lebih dari itu. Jika begitu mudah untuk menanggulangi gejala-gejala ketagihan, maka mengapakah beberapa perokok masih merasa sangat sulit? Mengapa mereka melewati penyiksaan berbulan-bulan dan menghabiskan seluruh masa hidup mereka merana untuk sebatang rokok? “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: