Penyumbatan Pada Pengguna Komputer

Ancaman penyumbatan pembuluh darah ini terutama ditujukan kepada para pengguna Komputer berdasarkan penelitian para ahli dari Institut Riset Kedokteran, Selandia Baru. Disimpulkan bahwa mereka yang bekerja sambil duduk selama berjam-jam berisiko tinggi mengalami penggumpalan darah yang bisa merenggut nyawa. Para peneliti menemukan bahwa sepertiga dari para penderita thrombosis pembuluh darah bagian dalam adalah para karyawan yang menghabiskan waktunya berjam-jam di depan komputer. Keasyikan bekerja di depan komputer membuat mereka lupa beristirahat untuk mengendurkan otot-otot yang kaku dan tegang.

Profesor Richard Beasley yang memimpin penelitian ini mengatakan, para karyawan yang menderita penggumpalan darah umumnya terbiasa bekerja di depan komputer sekitar 14 jam per hari, mereka bekerja selama 3-4 jam tanpa beranjak dari kursinya.

Thrombosis pembuluh darah bagian dalam adalah penggumpalan darah yang biasanya terjadi di kaki. Tak hanya di kaki, gumpalan darah ini juga bisa merambat ke jantung, paru-papu, atau otak. Akibatnya, muncul sakit dada, sulit bernapas, bahkan serangan jantung dan stroke.

Penyumbatan pembuluh darah disebabkan gumpalan darah yang terbentuk oleh adanya fibrin. Penebalan dan pengerasan pembuluh darah yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai arteriosclerosis.

Penyempitan pembuluh darah tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, dan beberapa diantaranya sama sekali tidak dapat dihindarkan manusia, misalnya, keturunan, usia, hormon, luka pembuluh darah, fungsi hati dan infeksi.

Merokok dan asap rokok adalah beberapa penyebab yang harus dihindarkan, selain itu juga makanan berkolesterol tinggi, kegemukan, serum lipid, tekanan darah tinggi, ketegangan dan kurang aktifitas.

Maka dapat dibayangkan apabila anda di depan komputer sambil merokok, anda kegemukan, makanan anda berkolesterol tinggi, lalu anda terus menerus duduk tanpa aktifitas tubuh yang berarti dan apalagi kalau anda dalam keadaan tenggang terus, tentu semua itu dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Penyempitan pembuluh darah koroner menyebabkan penyakit jantung yang terkenal yang disebut dengan “thrombosis koroner”.

Penyakit itu terjadi karena ternyata disamping jantung memompa darah ke seluruh otot-otot dalam tubuh, jantungpun mengirim darah ke dinding otot jantung melalui jaringan arteri yang dibentuk oleh dua pembuluh darah koroner utama yaitu pembuluh darah koroner kanan dan pembuluh darah koroner kiri.

Lapisan terdalam dari arteri yang disebut “intima” dapat menebal oleh sebab usia, sama seperti karat yang dapat timbul dalam pipa besi yang tua.

Apabila timbul penyempitan pembuluh darah akibat arteriosklerosis, maka akan mengurangi darah melalui pembuluh darah tersebut. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada intima yang mengakibatkan luka, yang disebut athermata. Luka ini cenderung membentuk penggumpalan darah yang disebut thrombus, yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung yang sempit. Ini dapat menimbulkan serangan jantung, atau thrombosis koroner, sebagai akibat daripada penyumbatan salah satu pembuluh darah koroner oleh sebuah gumpalan darah tersebut.

Apakah penyempitan pembuluh darah tersebut disebabkan oleh faktor yang dapat dihindarkan atau tidak, olahraga dan relaksasi dapat mengurangi anda dari risiko mendapatkan penyakit jantung. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa olahraga menyebabkan terbukanya lebih banyak pembuluh darah. Apabila kita berolahraga dalam waktu yang lama, saluran darah tambahan dapat terbentuk di dalam jantung. Pembuluh darah koroner akan berkembang ukurannya, dan dimana terjadi penyumbatan akan tumbuh alur pembuluh baru untuk mengalirkan darah.

Dengan aliran darah baru tersebut jantung akan tetap mendapatkan oksigen hingga warnanya tetap merah jambu. Untuk timbulnya pengaliran pembuluh darah yang baru tersebut, diperlukan waktu dan kesabaran.

Dimulai dengan olahraga yang sederhana, lalu secara bertahap ditingkatkan. Tetapi olahraga tidak membuka arteri yang tersumbat, tetapi sekedar membuka jalan pembuluh darah baru disekitar penyumbatan tersebut. Hanya dengan memilih makanan dengan hati-hati seseorang dapat membuka kasus penyumbatan pembuluh darah tersebut, atau kalau tidak tentu dengan operasi pembedahan. Sebab itu untuk memelihara jantung yang baik, diperlukan dua hal yang penting, yaitu memilih makanan yang tepat dan gerak badan yang teratur.

Kalau anda sibuk tentu hobi-hobi olahraga anda akan terlupakan. Maka pilihkan olahraga yang mudah-murah-meriah seperti Jogging yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, atau anda pilih senam untuk menggerakkan otot-otot yang kaku dan juga untuk mengendurkan atau melemaskan seluruh otot-otot tubuh anda.

Bukankah kesehatan adalah segala-galanya, tanpa kesehatan segala yang anda miliki akan sia-sia.

2 Tanggapan

  1. ini informasi yang sangat penting. saya kadang2 mengalami leher kaku setelah berada beberapa waktu depan kompuer.

    masalah lain yang dihadapai adalah mata lelah karena terlalu sering dan lama berada depan komputer.

    • Assalamu alaikum, Mas Haris, saya memang merasakan semua itu, makanya saya kumpulkan infonya, sampai saya lupa sumbernya dari mana saja, ngajarin tapi ….merasakan (beda ama dokter, ngajarin.. tapi tidak merasakan).
      wassalam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: