Mencari Keju

KEJUAlkisah, ada pertemanan 2 ekor tikus: si Pengendus dan si Pelacak, dan 2 ekor kurcaci: si Kaku & si Aman. Dan mereka sama-sama mencari KEJU di Labirin. Mereka menginginkan KEJU.

Si Pengendus = Mampu mencium adanya perubahan dengan cepat
Si Pelacak = Mampu untuk segera bertindak mengambil keputusan
Si Kaku = Menolak serta mengingkari adanya perubahan karena takut perubahan akan mengakibatkan sesuatu yang buruk
Si Aman = Baru mencoba beradaptasi jika melihat perubahan mendatangkan sesuatu yang lebih baik


KEJU 1

Apa yang mereka lakukan?
SI Aman dan si Kaku : Pergi setiap hari ke daerah C, menjadi rutinitas harian. Mulai bangun lebih siang, merasa nyaman dalam kondisi sekarang. Mulai bangga dengan keberhasilan mereka menemukan KEJU, dan mulai sombong dengan kesuksesannya. Merasa bahwa KEJU itu milik mereka karena kerja keras mereka. Tidak sadar bahwa KEJU karena dimakan setiap hari akan habis. Ketika melihat KEJU sudah habis, mereka kaget dan marah: “Siapa yang memindahkan KEJU?”.

KEJU 2

si Pengendus dan si Pelacak : Pergi setiap hari ke daerah C. Tetapi tetap siaga, dan semangat untuk berjaga-jaga sewaktu-waktu ada kondisi yang tidak memungkinkan.Ketika tahu bahwa KEJU sudah habis, mereka sadar dan segera mengambil tindakan untuk pergi ke Labirin dan mencari KEJU yang baru.

Akhirnya, KEJU di daerah C habis..
Si Kaku dan si Aman marah, merasa tidak dihargai, dan merasa dunia ini tidak adil. Dalam pikiran mereka, tidak mungkin KEJU itu akan hilang. Hari berikutnya si Kaku masih tidak percaya dan menolak kenyataan bahwa KEJU itu sudah habis. Ia masih tetap menunggu dan menunggu, dan tetap percaya bahwa KEJU itu pasti akan kembali kepadanya, karena ia merasa bahwa itu memang miliknya. Dan ia tidak mau pergi, karena hilangnya KEJU itu bukan karena kesalahan dirinya, pasti karena orang lain. Si Aman pada awalnya sama dengan si Kaku. Tetapi lambat laun ia sadar bahwa KEJU itu habis.

KEJU 4

Tetapi ia takut untuk ke Labirin karena tidak ingin tersesat, apalagi belum pasti ia akan mendapatkan KEJU lagi.

Pengembaraan si Kaku : Sadar Bahwa KEJU Sudah Habis, Ia takut bahwa ia tidak akan mendapat KEJU baru. Mulai Menikmati Pengembaraan Baru, Menemukan Banyak Makanan Baru, Punya impian untuk Menemukan KEJU baru. Menemukan KEJU Baru yang lebih Banyak.

KESADARAN AKAN KEADAAN SEKARANG, MENGATASI KETAKUTAN TIDAK ADA KEJU, MENIKMATI PENGEMBARAAN BARU, ADAPTASI LINGKUNGAN BARU, IMPIAN, TUJUAN DAN HARAPAN BARU, MENEMUKAN KEJU BARU.
KEJU 3Kesigapan Pengendus dan Pelacak : Menyadari bahwa KEJU itu pada suatu waktu akan habis. Selalu bersiap-siap untuk mencari alternatif-alternatif KEJU jika diperlukan. Lari ke labirin, tidak takut salah, trial & error. Tidak terpaku pada apa yang mereka miliki, selalu mencari yang baru.

Selamat Berpetualang

Si Pengendus, si Pelacak, si Kaku dan si Aman adalah bagian dari diri kita. Pengendus dan Pelacak adalah KEBERANIAN, sedangkan si Kaku dan si Aman adalah PEMIKIRAN & PERTIMBANGAN. KEPUTUSAN memang perlu si Kaku dan si Aman, tapi harus diikuti KEBERANIAN, KECEPATAN, dan KESIGAPAN bertindak ala si Pengendus dan si Pelacak..

dari file : Who move my Cheese2.ppt oleh Akbar, http://Ojolali.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: