Otak Awet Muda

aerobik untuk otakByron menulis “Tahun-tahun berlalu merampas api dari pikiran, sebagaimana tenaga dari anggota tubuh.” Energi akan menyusut dan ingatan berkurang, karena terjadi proses penuaan pada otak. Tetapi itu ternyata bukan suatu yang tak terelakan. Ashley Montagu, seorang antropolog dari Inggris, menyimpulkan bahwa proses penuaan pada otak sebenarnya bergantung pada pilihan, dengan menyarankan bahwa “tujuan hidup adalah untuk bertahan muda selama mungkin.”

Para ilmuwan menemukan bahwa dengan minat intelektual yang aktif dan luas dan gaya hidup yang penuh semangat, tubuh, pikiran dan semangat kita dapat menguak potensi yang tersimpan dan besar kemungkinan, kita bisa tetap berpikiran cemerlang atau lebih cemerlang pada usia 70, 80, dan bahkan 90 sebagaimana kita pada usia 20 tahun. Kita dirancang untuk hidup 120 tahun. Walaupun pada kenyataannya kita meninggal di akhir paruh baya pada usia 60-70an. Setiap waktu dalam kehidupan kita tumbuh atau sekarat dan sebagian besar hal itu adalah pilihan kita, bukan hanya menyerah kepada takdir. Sepanjang siklus kehidupan kita, setiap sel dari sekian triliun di dalam tubuh kita didorong untuk tumbuh dan memperbaiki kemampuannya untuk
memanfaatkan lebih banyak kapasitas aslinya yang masih tersimpan. Peneliti Biologi pemenang hadiah Nobel dua kali, Albert Szent Gyoergyi, menyebut hal ini SYNTHROPY, yaitu dorongan asal dalam kehidupan untuk menyempurnakan dirinya sendiri, ini yang memutar balikkan pemikiran konvensional.

Sebagaimana sel hidup tidak akan tetap sama, atau misalnya bila kita bertahan di posisi tengah-tengah mempertahankan status quo, maka yang sebenarnya adalah kita sedang mati, bukannya tumbuh. Dan tujuan sepanjang hidup adalah terus melanjutkan pertumbuhan, bukan hanya menuju kedewasaan. Kita menjadi lebih mampu, lebih cerdas, dan lebih penuh energi dalam menggeluti kehidupan. Kuncinya adalah menemukan cara-cara sederhana dan biasa untuk menantang otak dan indra guna meluaskan prestasi dan memperlambat atau mencegah penuaan pada otak.

otak awet mudaSebagai contoh Imam Ahmad bin Hambali melaksanakan shalat sunat 300 rakaat dalam satu hari, pernah dihukum cambuk oleh Khalifah Makmun yang zalim, menurut algojonya cambukan itu bisa mematikan seekor unta. Konon sanggup menghapal sejuta hadits dan menurut para ulama otak beliau adalah ibarat lautan ilmu, kitabnya Al Musnad adalah kitab musnad yang terbesar di dunia. Maka ini bukti bahwa kekuatan otak seseorang didukung juga oleh kondisi fisiknya yang sehat dan kuat. Mungkin kebiasaan shalat dan kehidupannya yang keras di zaman itu efeknya lebih dari aerobik.

Dalam seminar Kiat Menjaga Otak Tetap Sehat, yang diselenggarakan Klinik Memori Bagian Ilmu Penyakit Syaraf RS Dr Sardjito/FK UGM, Pernodjo berbicara tentang jurus yang bisa dilakukan untuk menjaga otak tetap sehat :
* Biasakan berperilaku hidup sehat. Hindari rokok, alkohol, dan stres fisik/mental.
* Asupan gizi cukup dan berimbang,
* Latihan meningkatkan kemampuan memori dengan selalu mengulang-ulang informasi baru untuk disimpan dalam ingatan.
* Melatih memusatkan perhatian/konsentrasi dan memberikan perhatian pada hal-hal baru.
* Berperan aktif dalam pekerjaan dan fungsi sosial.
* Berekreasi dengan anak dan cucu.
* Membuat catatan atau biografi. Ini merupakan aktivitas lansia yang paling baik dan sangat berharga.
* Aktifkan otak dengan selalu belajar sampai akhir hayat.

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Oxford, Inggris mengatakan bahwa Vitamin B12 dapat melindungi otak agar tetap gembung, tidak menyusut, dan volumenya tetap utuh. Volume otak yang utuh adalah sekitar 1,7 liter. Para ilmuwan ini meneliti sekitar 107 orang berusia 61 hingga 87 tahun yang terlihat awet muda. Para ilmuwan ini mengumpulkan sampel darah untuk mengecek kadar vitamin B12, nutrisi yang bisa kita peroleh dari daging, ikan, dan susu. Para partisipan ini menjalani pemindaian otak setiap tahun menggunakan MRI (magnetic resonance imaging), tes memori, dan uji fisik. Tak satu pun dari subyek ini menderita kekurangan vitamin B12. Banyak faktor yang memengaruhi kesehatan otak. Penelitian hanya sekadar memberitahu bahwa konsumsi tambahan vitamin B12 dengan makan ikan, daging, sereal yang difortifikasi atau susu mungkin dapat mencegah kemunduran daya ingat dan melindungi memori kita.

Menurut Tri Sumasti Rahayuningsih SGiz, ahli gizi dari RS Dr Sardjito/FK UGM, ada beberapa langkah sehat dan tepat untuk mencegah demensia, yaitu: menerapkan pola makan sehat seimbang, olahraga teratur, dan tidur cukup. Jauhkan diri dari rokok dan pencemaran udara. Kurangi paparan sinar matahari. Dalam kaitan dengan pola makan sehat, Tri menyarankan untuk mengurangi lemak, gula, dan garam. Sebaliknya, perbanyak konsumi buah dan sayuran segar. ”Jangan lupa konsumsi antioksidan secara teratur,” saran Tri.

Antioksidan adalah unsur-unsur penting untuk menangkal radikal bebas, penyebab penuaan, dan timbulnya penyakit di usia tua. Antioksidan bisa kita dapatkan ada sejumlah vitamin (A, C, dan E) dan mineral (zink, selenium). * Sumber vitamin A: Hati, kuning telur, susu, mentega, sayuran berwarna hijau (daun singkong, kangkung, bayam, kacang panjang, buncis), wortel, tomat, pepaya, dan mangga.
* Sumber vitamin E: Minyak tumbuh-tumbuhan, daging, unggas, ikan, dan kacang-kacangan. * Sumber vitamin C: Hanya terdapat pada bahan pangan nabati yaitu sayuran dan buah-buahan seperti: kol, jeruk, nanas, rambutan, pepaya, tomat.
* Sumber zink: Protein hewani, daging, hati, kerang, telur, serealia tumbuk, dan kacang-kacangan.
* Sumber selenium: Makanan laut, hati, ginjal, dan daging.

sumber tulisan :
Unleash your other 90%, Robert Cooper
Menjaga Otak Tetap Sehat, Republika Minggu, 15 April 2007
http://www.pustakanilna.com/iptek/memori.html/
http://rumahartikel.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: