Hidayah Chatting

cahaya hidayah chatting

Berikut ini adalah suatu diskusi dunia maya anak-anak muda di kota yang paling modern di dunia dan semoga kita bisa menangkap hikmahnya.

 Da’wah Chatting oleh M. Syamsi Ali

Franklin baru bersyahadat sebulan yang lalu. Dia sekarang mengaji dengan saya. Subhanallah, pekan pertama dia menjadi Muslim, pemuda hispanic (keturunan Amerika Selatan) ini sudah membawa 2 orang temannya ikut bersyahadat. Satu orang gadis hispanic, satu orang lagi pemuda Yahudi.

Dalam hati saya bertanya-tanya, apa saja yang dia bicarakan kepada teman-temannya itu, sampai mereka tertarik ikut bersyahadat. Pertanyaan saya itu kemudian terjawab. Beberapa hari lalu, saya dikiriminya transkrip percakapan internet(chatting)nya dengan seorang pemuda lain di New York upstate. Dilakukan jam 1 dini hari! Kegigihannya dalam meyakinkan orang, bahwa Islam itu cool  (keren) bikin saya tersipu-sipu. Gayanya funky khas anak muda. Atas izin Franklin dan kawan-kawannya, saya sajikan kepada Anda ini terjemahan chatting mereka. FishermenComics  (F) adalah Franklin, sedangkan SHOCKWAVE886 (S) adalah kenalan barunya. Ada bagian-bagian yang saya hapus (***********) karena alasan kebaikan. 

F [1:12 AM]:  Hei, apa kabar Teman
S [1:12 AM]:  Siapa ini? 
F [1:12 AM]:  Saya, Franklin Taveras yang Agung
S [1:12 AM]:  Siapa? 
F [1:12 AM]:  Kita belum pernah kenalan
F [1:13 AM]:  Kamu tinggal di New York ‘kan?
F [1:14 AM]:  Kamu percaya Tuhan?
S [1:15 AM]:  Yeah saya percaya
F [1:15 AM]:  Keren . . . .
S [1:15 AM]:  Kok kamu bisa tahu tentang saya? 
F [1:15 AM]:  Kalau begitu kita saudara
F [1:15 AM]:  Kenapa aku tahu, karena tampangmu kayak angsa bodoh
S [1:15 AM]:  Angsa bodoh? 
F [1:15 AM]:  HAHA…
F [1:15 AM]:  Kerja apa?
S [1:16 AM]:  Aku sedang tidak bekerja tapi sungguh-sungguh sedang berpikir untuk jadi pastor, pendeta, atau mungkin penginjil, belum tahu..
F [1:17 AM]:  AH YANG BENEEERRRR
S [1:17 AM]:  Saya dulu hampir jadi pastor
F [1:17 AM]:  Tapi saya berhenti pada detik terakhir
F [1:17 AM]:  Apa agamamu?
S [1:17 AM]:  Katolik Roma
F [1:17 AM]:  Saya dulu Katolik
F [1:17 AM]:  Sekarang saya Muslim
S [1:18 AM]:  Kamu pernah masuk penjara? 
F [1:18 AM]:  Nggak
F [1:18 AM]:  Hehehehehehehehe
F [1:18 AM]:  Saudaraku
F [1:18 AM]:  Saya tahu kita baru ketemu
F [1:18 AM]:  Tapi biarkan aku mengatakan sesuatu
F [1:18 AM]:  Pernahkah kamu meragukan Tuhan?
F [1:18 AM]:  Jujur ya?
S [1:18 AM]:  Enggak
F [1:19 AM]:  Bagus
F [1:19 AM]:  Tapi dengar nih ya
F [1:19 AM]:  Tahukah kamu apa 3 agama yang paling cepat berkembang?
S [1:19 AM]:  Nggak
F [1:20 AM]:  Islam berkembang 9 kali lebih cepat daripada Kristen, kemudian Budha, kemudian Kristen lagi
F [1:20 AM]:  Saya dulu seorang pembuat film-film Kristen
F [1:20 AM]:  Saya seorang penyebar bible
F [1:20 AM]:  Saya tahu kita baru ketemu tapi kamu sebaiknya ke gereja ikut saya
F [1:21 AM]:  Untuk menemui beberapa orang yang kukenal
S [1:21 AM]:  Aku nggak tahu tentang itu semua, tapi asyik juga ngobrol sama kamu
S [1:21 AM]:  Ada ceweknya nggak? 
F [1:21 AM]:  Kamu kepingin jadi pastor tapi masih ngomongin cewek ?
S [1:21 AM]:  Selalu
F [1:22 AM]:  Pasti kamu bakal jadi pastor yang ***********
F [1:22 AM]:  Tuhan bilang kita semua harus menikah
S [1:22 AM]:  Hahahaha bukan gituuuu
S [1:22 AM]:  Aku mah gak bakalan gitu
F [1:22 AM]:  Saya heran kenapa pastor nggak menikah
F [1:23 AM]:  Ngomong-ngomong, apa yang kamu tahu tentang Islam?
S [1:23 AM]:  Aku tahu banyak orang masuk penjara terus masuk Islam untuk perlindungan, jadi aku pikir mereka dihormati (setelah masuk Islam)
F [1:24 AM]:  Salah, hehehe, hampir setiap hari lebih dari 30 orang di New York saja masuk Islam
F [1:24 AM]:  Soalnya (Islam) itu adalah kebenaran, Bro
F [1:24 AM]:  Saya bisa menunjukkan kepadamu
F [1:24 AM]:  Hanya ada satu Tuhan
S [1:24 AM]:  Aku nggak mau pindah agama
F [1:25 AM]:  Saya nggak nyuruh kamu pindah agama, tugas muslim hanya menyampaikan pesan
F [1:25 AM]:  Dan selebihnya urusan Tuhan
F [1:25 AM]:  Seorang muslim dilarang memindahkan agama orang lain
F [1:25 AM]:  Haram, dosa
F [1:26 AM]:  Muslim mengimani hal-hal yang diimani orang Kristen dan Yahudi
F [1:26 AM]:  Islam satu-satunya agama yang mengikuti SEMUA perintah Musa, dan nabi-nabi lainnya
F [1:26 AM]:  Semoga kedamaian atas mereka semua
F [1:26 AM]:  Kami beriman kepada Jesus Christ
F [1:27 AM]:  Dia akan datang lagi
F [1:27 AM]:  Dialah Al-Masih
S [1:27 AM]:  Aku tahu
F [1:27 AM]:  Dan dalam Islam
F [1:27 AM]:  Kitab suci kami luar biasa
F [1:27 AM]:  Di dalamnya banyak sekali mukjizat
S [1:27 AM]:  Di kitab suciku juga banyak
F [1:27 AM]:  Dan kitab suci kami tidak pernah berubah
F [1:27 AM]:  Muslim mengimani Injil juga
F [1:28 AM]:  Kami mempelajarinya
F [1:28 AM]:  Tapi Injil sudah diubah-ubah oleh manusia
F [1:28 AM]:  Benar atau salah
S [1:28 AM]:  ?
F [1:28 AM]:  Tidak ada Injil yang asli, karena itu kamu nggak bisa memastikan apakah ia asli dari Tuhan
S [1:28 AM]:  Yea 
F [1:30 AM]:  Kalau ada yang mau ditanyakan, Bro, ikut aku ke masjid di kota. Setiap orang di sana pindahan dari Kristen/Yahudi/ dan bahkan Ateisme…. Sekarang coba kutanya, agama apa yang bisa meyakinkan seorang ateis bahwa Tuhan itu ada?
S [1:30 AM]:  Aku nggak tahu, Man
F [1:30 AM]:  Hehehehehe
F [1:31 AM]:  Saya baru memeluk Islam sebulan yang lalu
S [1:31 AM]:  Aku nggak bisa begitu
F [1:31 AM]:  Okay begini deh
S [1:31 AM]:  Tapi aku suka denger omongan kamu
F [1:32 AM]:  Gimana kalau, Tuhan yang Maha Kuasa bisa bicara langsung dengan kamu lewat sebuah kitab
F [1:32 AM]:  Dan menjawab semua pertanyaan kamu
S [1:32 AM]:  Dia memang bicara kepadaku
F [1:32 AM]:  Dan sains-nya masuk akal
F [1:32 AM]:  Bukan maksud saya benar-benar bicara kepadamu
S [1:32 AM]:  Yea aku tahu
F [1:32 AM]:  Misalnya saya tahu bagaimana Tuhan memberikan tanda-tanda
F [1:33 AM]:  Gimana dia bicara dengan kamu?
S [1:33 AM]:  Susah menjelaskannya, tapi aku banyak berdoa
F [1:33 AM]:  Itu bagus
F [1:33 AM]:  Kamu percaya sama teori evolusi
F [1:33 AM]:  Atau aliens?
S [1:33 AM]:  Kamu dibayar ya untuk obrolan ini?
F [1:33 AM]:  Hahahahahahahaha
S [1:34 AM]:  Evolusi aku percaya
S [1:34 AM]:  Aliens nggak, kecuali kalau yang kamu maksud alien itu orang Mexico
F [1:34 AM]:  Di dalam Islam (artinya, kepasrahan kepada Tuhan) semua Muslim meyakini hal-hal yang sama
F [1:34 AM]:  Evolusi itu nggak benar, Bro
S [1:35 AM]:  Nggak juga
F [1:35 AM]:  Aliens memang benar ada, di dalam Quran, Tuhan berfirman jangan mengira kita sendirian di alam semesta ini, jadi Dia memberi kita tanda-tanda
S [1:35 AM]:  Kamu punya aim? 
F [1:35 AM]:  Ini yang kumaksud tadi, tak ada dua orang Kristen yang meyakini satu hal yang sama.
F [1:36 AM]:  Apa aim?
S [1:36 AM]:  Aol instant messanger 
F [1:36 AM]:  Ooh
F [1:36 AM]:  Yeah
F [1:36 AM]:  Bro, ayo kita ketemu
F [1:36 AM]:  Dengan izin Tuhan
F [1:37 AM]:  Saya lihat kamu sangat mencintai Tuhan
F [1:37 AM]:  Jadi kita sama dalam hal itu
F [1:38 AM]:  Izinkan saya memberimu Quran
F [1:38 AM]:  Supaya kamu bisa baca sendiri isinya
S [1:38 AM]:  Ok 
F [1:38 AM]:  Tuhan akan membimbing kamu, dan kalau dia tidak membimbingmu, maka Islam agama yang salah
F [1:39 AM]:  Kamu tinggal di dekat stasiun kereta
S [1:39 AM]:  Kira-kira begitu
F [1:39 AM]:  Tempat yang saya datangi ini, sebuah kelompok kecil, dan iya ada wanita-wanita cantik di sana
F [1:39 AM]:  Mereka semua pindah ke Islam
F [1:39 AM]:  Dari Kristen
F [1:40 AM]:  Saya bersumpah ini akan jadi pengalaman berharga untuk kamu
F [1:40 AM]:  Kalau kamu nggak suka
F [1:40 AM]:  Kamu nggak perlu datang lagi
F [1:40 AM]:  Dan kamu boleh bilang “F*** off ” kepadaku
S [1:40 AM]:  Nggak laah, nggak akan aku bilang gitu
S [1:40 AM]:  Tapi aku nggak mau pindah agama, itu aja soalnya
F [1:40 AM]:  Di dalam Islam
F [1:40 AM]:  Kamu bukan pindah agama
F [1:41 AM]:  Kamu kembali ke Islam, karena Islam adalah agama yang asli, kamu cuma akan belajar saja
F [1:41 AM]:  Itu saja
F [1:41 AM]:  Tidak akan ada seorangpun yang akan bilang begini
F [1:41 AM]:  Hei, dengar nih, pindah agama sekarang, kalau nggak saya bom kamu
F [1:42 AM]:  Lihat juga foto-foto saya nih, saya bukan pemerkosa atau sejenisnya
F [1:42 AM]:  Jadi jangan takut
S [1:42 AM]:  Jadi aku tetap Katolik Roma dan hanya belajar tentang Islam?
F [1:42 AM]:  YES
F [1:42 AM]:  Dulu saya juga begitu
F [1:42 AM]:  Saya cuma belajar
F [1:42 AM]:  Sumpah pasti menyenangkan
F [1:42 AM]:  Kalau nggak
F [1:42 AM]:  Kamu boleh tembak aku
S [1:42 AM]:  Nggak laah, Maan
F [1:42 AM]:  Hehehehehe
S [1:43 AM]:  Saya benar-benar lagi mikir nih
F [1:43 AM]:  Alasan kenapa saya kepingin kamu datang
F [1:43 AM]:  Adalah karena saya merasa
F [1:43 AM]:  Sangat bahagia di dalamnya
F [1:43 AM]:  Luar biasa rasanya begitu dekat dengan Tuhan
F [1:43 AM]:  Saya nggak pernah merasakan ini di Kristen,  padahal waktu itu saya sangat taat beragama

S [1:44 AM]:  Sialan, Man, aku jadi bingung nih
S [1:44 AM]: Beneran nih
S [1:44 AM]: Payah nih aku
F [1:44 AM]:  Hehe
F [1:44 AM]:  Dengerin nih
F [1:44 AM]:  Mau ngomong di telepon aja?
F [1:45 AM]:  Saya bosen ngetik terus nih
F [1:45 AM]:  Saya mau bicara panjang lebar
F [1:45 AM]:  Saya cuma mau cerita gimana saya sampai pindah agama
F [1:45 AM]:  Dan kenapa saya melakukannya
F [1:45 AM]:  Maksud saya kembali ke Islam
S [1:45 AM]:  Well, aku nggak bisa ngasih nomor telepon soalnya temanku mau ikut dengar juga nih

F [1:45 AM]:  Oke
F [1:46 AM]:  Suruh dia buka chatting juga
F [1:46 AM]:  Kita bertiga
S [1:46 AM]:  Dia duduk di sini
F [1:46 AM]:  Oh
F [1:46 AM]:  Ya udah ajak aja dia
F [1:46 AM]:  Hehe
S [1:46 AM]:  O yea ngomong-ngomong ini teman Paul
F [1:46 AM]:  Oke
F [1:47 AM]:  Kamu baca apa yang dari tadi aku bilang, Bro?
S [1:47 AM]:  Dari tadi memang aku terus
F [1:47 AM]:  Kau dan Paul kita ketemu aja, di kota
S [1:47 AM]:  Paul orang Yahudi
F [1:47 AM]:  Oh
F [1:47 AM]:  Kamu sendiri?
S [1:47 AM]:  Katolik Roma
F [1:47 AM]:  Oh
F [1:48 AM]:  Kadi siapa namamu?
S [1:48 AM]:  Mike
F [1:49 AM]:  Kau ikut aja
S [1:49 AM]:  Paul bilang kamu bisa telepon ke rumahnya
F [1:49 AM]:  Oke
F [1:49 AM]:  Begini
F [1:49 AM]:  Saya nggak mau memaksa
F [1:49 AM]:  Tapi saya BERSUMPAH segala hal dalam agama ini masuk akal semua
F [1:50 AM]:  Saya tidak disuruh siapa-siapa untuk melakukan ini
S [1:50 AM]:  Aku percaya, tapi jangan berpikir bahwa saya akan berubah keyakinan
F [1:50 AM]:  Okay
F [1:50 AM]:  Tapi
F [1:51 AM]:  Tuhan akan membuka hatimu jika ini kebenaran
F [1:51 AM]:  Jika Islam salah
F [1:51 AM]:  Dia tidak akan membuka hatimu
F [1:51 AM]:  Dan jika Tuhan tidak memberikan tanda-tanda bahwa Islam adalah kebenaran, maka ini agama yang salah
S [1:52 AM]:  Muslim percaya kepada jesus kristus dan injil? 
F [1:52 AM]:  YES
F [1:52 AM]:  DIA adalah Al-Masih
F [1:52 AM]:  Dan dia akan datang lagi
F [1:52 AM]:  Ini yang banyak orang tidak memahami tentang Islam
F [1:53 AM]:  Mereka tahunya kami menyembah manusia yang bernama mohammed
F [1:53 AM]:  Padahal nggak
S [1:53 AM]:  Kalau Allah? 
F [1:53 AM]:  Allah adalah Tuhan yang sebenarnya
F [1:54 AM]:  Kata Tuhan adalah sebuah kata yang baru
S [1:54 AM]:  Jadi kamu menyembah siapa? 
F [1:54 AM]:  Kami menyembah apa yang disembah para nabi
F [1:54 AM]:  Dan melakukan apa yang mereka sejak dahulu
S [1:54 AM]:  Bagaimana caranya? 
F [1:54 AM]:  Sujud kepada Tuhan
F [1:55 AM]:  Kami beribadah sebagaimana yang dilakukan Jesus
F [1:55 AM]:  Di dalam Injil
F [1:55 AM]:  Sujud kepada Tuhan
F [1:55 AM]:  This is the way to pray
S [1:55 AM]:  Saya akan tetap mengikuti Bible dan menyembah Jesus bahkan jika saya pindah agama sekalipun, kamu ngerti? 
F [1:55 AM]:  yeah
F [1:55 AM]:  Tapi kenapa menyembah anaknya bukan bapaknya?
S [1:55 AM]:  Saya menyembah keduanya
F [1:56 AM]:  Kan Tuhan lebih Agung daripada Jesus?
S [1:56 AM]:  Tuhan adalah sebuah roh
F [1:56 AM]:  ??????
F [1:56 AM]:  Tuhan adalah segala hal, dia bukan roh
S [1:56 AM]:  Aku tahu
F [1:57 AM]:  Muslim meyakini benar bahwa Tuhan menciptakan 3 jenis makhluk
F [1:57 AM]:  Para Malaikat
F [1:57 AM]:  Manusia
F [1:57 AM]:  Dan roh-roh
F [1:58 AM]:  Bro, kita ngomong di telepon aja deh, saya bukan pembunuh atau apa gitu
S [1:59 AM]:  Gimana yah
F [1:59 AM]:  Ada bible nggak di dekat kamu?
S [2:00 AM]:  Nggak, tapi di rumahku ada, kenapa? 
F [2:00 AM]:  Okay
F [2:00 AM]:  Di Matius 5: 17
F [2:00 AM]:  Jesus Kristus bilang
F [2:01 AM]:  Bahwa alasan kenapa ia dulu datang adalah untuk memperbarui perintah-perintah Tuhan (the commandments), dan untuk memastikan bahwa perintah-perintah itu tidak akan pernah dilanggar lagi, TIDAK PERNAH, “..dan mereka yang melanggarnya, telah jatuh dalam kesesatan..”
F [2:01 AM]:  Okay, sekarang coba katakan kepadaku
F [2:01 AM]:  Agama apa yang mentaati, tidak 1 atau 2, tapi SELURUH perintah Tuhan kepada Musa, dan Tuhan?
F [2:02 AM]:  Bro kamu masih di situ?
S [2:02 AM]:  Ya
F [2:02 AM]:  Ok
F [2:02 AM]:  Hehehe
S [2:02 AM]:  Saya sedang berpikir
F [2:03 AM]:  Okay
F [2:03 AM]:  Islam lah satu-satunya agama yang begitu
F [2:05 AM]:  Orang Yahudi tidak mentaati seluruh perintah, tapi mereka mentaatinya  lebih banyak daripada orang Kristen, dan karena alasan tertentu orang Kristen tidak mentaati hukum-hukum Tuhan bahkan ketika Jesus melarang untuk menyembah dirinya, tapi supaya menyembah bapak KITA dan apa yang dikatakannya di Matius 5: 17
F [2:05 AM]:  Ngerti maksudku?
S [2:05 AM]:  Ya
S [2:05 AM]:  Kapan dan dimana seminarnya? 
F [2:06 AM]:  Maksudnya?
S [2:06 AM]:  Di mana
F [2:07 AM]:  Oh tempatnya
F [2:07 AM]:  Kalau kamu ambil kereta 1239 ke 72st street di kota
F [2:07 AM]:  Di situlah tempatnya
S [2:08 AM]:  Di Manhattan?
F [2:08 AM]:  Yes
F [2:08 AM]:  Gampang kok ke sana
S [2:08 AM]:  Kapan
F [2:09 AM]:  Sabtu
F [2:09 AM]:  Jam 2.30 siang
F [2:09 AM]:  Begini kalau kamu mau saya bisa menemani, kalau kamu nggak merasa nyaman, kita bisa ketemu dan ngobrol dulu terus kita kesana bersama
S [2:10 AM]:  Hey kalau kamu mau nelpon sekarang ke sini ini nomornya  (1845) 469-5*** 
F [2:11 AM]:  Ok
F [2:11 AM]:  Ini di NY?
S [2:11 AM]:  Ya tapi aku tinggal di upstate sekitar 1 jam dari the bronx dan 25 menit dari rockland atau new jersey
F [2:12 AM]:  Oh
F [2:12 AM]:  Okay
F [2:13 AM]:  Tuhan akan membuka hatimu
F [2:13 AM]:  Bersiaplah untuk mukjizat-mukjizat
F [2:13 AM]:  Kamu akan lihat
F [2:13 AM]:  Itulah yang Dia lakukan kepadaku
F [2:13 AM]:  Saya akan telepon sekarang
S [2:13 AM]:  Ok 

Pembicaraan mereka di Internet berhenti setelah berlangsung tepat 1 jam. Lalu Franklin menelpon Mike dan Paul. Keduanya kini peserta aktif diskusi di Islamic Center of New York.

Tinggalkan Balasan

