Dua Pilihan Kehidupan

Jerry selalu dikelilingi orang-orang, karena dia selalu dalam suasana hati yang baik dan selalu mempunyai hal positif untuk dikatakan. Jika seorang karyawan sedang mengalami hari yang buruk, Jerry ada di sana mengatakan kepada karyawan bagaimana melihat sisi positif dari situasi tersebut.

 Melihat gayanya ini membuat saya sangat penasaran, maka pada suatu hari aku temui dan bertanya kepadanya, “Aku tidak mengerti! Anda tidak akan bisa menjadi orang yang positif sepanjang waktu. Bagaimana Anda bisa melakukannya?”

 Jerry menjawab; “Setiap pagi aku bangun dan berkata pada diriku sendiri; Jerry !, Anda punya dua pilihan hari ini. Anda dapat memilih berada dalam suasana hati yang baik atau Anda dapat memilih berada dalam suasana hati yang buruk. Aku memilih berada dalam suasana hati yang baik.”

 Setiap kali sesuatu yang buruk terjadi, aku dapat memilih untuk menjadi korban atau aku dapat memilih untuk belajar dari hal buruk itu. Aku memilih untuk belajar dari hal itu.

 Setiap kali seseorang datang kepada saya mengeluh, aku dapat memilih untuk menerima keluhan mereka atau aku dapat menunjukkan sisi positif kehidupan. Aku memilih sisi positif kehidupan.”

 “Ya, benar, tapi kenyataannya tidak semudah itu,” aku protes. “Ya, memang,” kata Jerry; “Hidup adalah tentang dua pilihan. Bila Anda membuang segala sampah dari dalam pikiran, setiap situasi adalah sebuah pilihan. Anda memilih bagaimana Anda bereaksi terhadap situasi. Anda memilih bagaimana orang akan mempengaruhi suasana hati Anda. Anda memilih berada dalam suasana hati yang baik atau yang buruk. Intinya adalah tergantung pilihan Anda bagaimana Anda menjalani hidup.”

 Aku memikirkan apa kata-kata Jerry itu. Tak lama kemudian, aku meninggalkan industri restoran untuk memulai bisnis saya sendiri. Kami kehilangan kontak, tapi aku sering berpikir tentang dia ketika aku membuat pilihan tentang kehidupan, bukan bereaksi terhadap itu.

 Beberapa tahun kemudian, aku mendengar bahwa Jerry melakukan sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan dalam bisnis restoran: dia meninggalkan pintu belakang terbuka pada suatu pagi dan terjadilah todongan senjata oleh tiga perampok bersenjata. Ketika mencoba untuk membuka brankas, tangannya, gemetar karena gugup, tergelincir ketika menekan kode-kode kombinasi, para perampok panik dan menembaknya. Untungnya, Jerry ditemukan orang dengan relatif cepat dan dengan segera dibawa ke pusat gawat darurat setempat. Setelah 18 jam operasi dan berminggu-minggu perawatan intensif, Jerry keluar dari rumah sakit dengan pecahan peluru masih berada dalam tubuhnya.

 Aku menemui Jerry enam bulan setelah kecelakaan itu. Ketika saya bertanya bagaimana keadaanya, dia menjawab; ”Mau lihat bekas luka saya?” Aku menolak untuk melihat luka-lukanya, tapi bertanya padanya apa yang ada dalam pikirannya saat perampokan itu terjadi.

 ”Hal pertama yang ada dalam pikiranku adalah bahwa aku harus mengunci pintu belakang,” jawab Jerry. ”Lalu, saat aku berbaring di lantai, aku ingat bahwa aku punya dua  pilihan: aku dapat memilih untuk hidup, atau aku dapat memilih untuk mati. Aku memilih untuk hidup.” Apakah kau tidak takut? Apakah Anda kehilangan kesadaran?”

 Aku bertanya terus, dan Jerry melanjutkan, ”Paramedis memang hebat. Mereka terus mengatakan bahwa aku akan baik-baik saja. Tapi saat mereka mendorongku ke ruang gawat darurat dan melihat ekspresi wajah para dokter dan perawat, aku menjadi sangat takut. Dalam mata mereka, aku membaca,”Dia akan mati.” Aku tahu aku harus mengambil tindakan.

 ”Apa yang Anda lakukan?” Aku bertanya. ”Yah, ada sesuatu yang besar, satu pertanyaan perawat dengan agak berteriak padaku,” kata Jerry; ”Dia bertanya apakah saya alergi terhadap sesuatu?”  ”Ya”, jawabku. Para dokter dan perawat berhenti bekerja selagi mereka menunggu jawabanku. Aku menarik napas dan berteriak, “Peluru!”

 Diantara tawa mereka, aku berkata kepada mereka. Aku memilih untuk hidup. Bedahlah saya seolah-olah saya hidup, dan saya bukan orang mati. Jerry hidup berkat keahlian para dokter, tetapi juga karena sikap yang luar biasa. Saya belajar darinya bahwa setiap hari kita memiliki pilihan untuk hidup sepenuhnya.

 Dari ATTITUDE IS EVERYTHING, Francie Baltazar-Schwartz

Tinggalkan Balasan

