LEDAKAN ALAM

Spaceweather.com melaporkan bahwa ledakan besar di Bone pada tanggal 8 October 2009 dipastikan akibat jatuhnya asteroid berdiameter 10 meter. Kekuatan ledakan itu, menurut peneliti dari Universitas Western Ontario yaitu Elizabeth Silber dan Peter Brown, adalah setara dengan 50 kiloton bom TNT. Atau tiga kali jauh lebih kuat dari ledakan bom atom yang terjadi di Hiroshima.

Ledakan Bom Little Boy yang dijatuhkan di Hiroshima mempunyai daya ledak setara 13 kiloton TNT. Pada tanggal 6 Agustus 1945 bom atom pertama itu meledak di Kota Hiroshima yang berpenduduk sekitar 350.000 jiwa (pada waktu itu), hingga menimbulkan korban hingga 250.000 jiwa meninggal dan sisanya luka-luka.

Akan kita bandingkan dengan ledakan-ledakan Gunung Berapi di Indonesia yang tercatat oleh para ahli yaitu :

Ledakan Gunung Tambora

Pada tahun 1815, Gunung Tambora di Indonesia meledak dengan kekuatan hampir 1000 mega ton TNT, merupakan ledakan gunung berapi terdahsyat yang direkam dalam sejarah. Jika dibandingkan dengan Bom Atom Hiroshima, maka kekuatan letusan Gunung Tambora adalah 76 ribu kali lebih kuat.

Ledakan tersebut melontarkan 140 Milyar ton magma dan tidak hanya membunuh 71.000 orang di pulau Sumbawa (Dekat Lombok) tapi abu vulkanik yang dilontarkan menyebabkan anomali iklim secara global. Pada tahun berikutnya (1816), dikenal sebagai tahun tanpa musim panas, salju turun di bulan juni di Albany N.Y, sungai es dapat ditemukan di bulan Juli di Pennsylvania, dan ratusan ribu orang menderita kelaparan karena krisis pangan secara global.

Letusan Tambora adalah 10 kali lipat letusan Krakatau (27 Agustus 1883) yang menelan korban 36.000 jiwa akibat abu panas dan tsunami yang ditimbulkannya. Letusan Tambora merupakan letusan dengan Indeks Eksplosivitas Vulkanik (VEI) 7, tertinggi dalam catatan sejarah, dari maksimal indeks 8. Gunung itu memuntahkan sekitar 150 km kubik batuan vulkanik.

Letusan Super Vulkano Toba Purba yang meletus 73.000 tahun lalu. Pasca letusan, terbentuk Danau Toba yang diameternya 300 km. Letusan supervulkano itu kekuatannya 10 kali lipat letusan Gunung Tambora atau kekuatan letusannya lebih dari 760 ribu kali Bom atom Hiroshima. Tidak akan terbayangkan bagaimana dampak letusan itu terhadap iklim di bumi saat itu.

Tingkat VEI maksimal 8 hanya dicapai supervulkano purba Gunung Toba. Letusan supervulkano itu kekuatannya 100 kali lipat letusan Krakatau yang kekuatan letusannya 6 VEI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: