KEBIASAAN POSITIF

Jadilah lebih sehat dan lebih produktif dengan Kebiasaan Positif

Tahukah anda bahwa kebiasaan adalah alat yang luar biasa canggih untuk pertumbuhan pribadi dan keberhasilan anda?

Ingatlah, tentang kebiasaan-kebiasaan anda sekarang dan bagaimana kebiasaan-kebiasaan itu mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan anda. Berat badan anda dan kesehatan anda akan ditentukan oleh kebiasaan makan Anda. Hubungan Anda dengan orang-orang ditentukan oleh kebiasaan sosial anda. Sukses anda di tempat kerja ditentukan pula oleh kebiasaan anda bekerja.

 

Anda memiliki kebiasaan tidur yang membuat seberapa baik tidur anda. Anda memiliki kebiasaan seksual. Anda bahkan memiliki kebiasaan membeli; coba lihat sekitar rumah anda dan anda akan melihatnya dengan cepat apa saja kebiasaan anda dalam mengurus rumah anda. Karakter kita, kesehatan, dan hampir setiap aspek kehidupan kita memang ditentukan oleh kebiasaan kita.

Jika Anda bertanya kepada sepuluh orang di jalan apa arti kata kebiasaan, sembilan dari sepuluh akan memberitahukan anda bahwa kebiasaan negatif adalah melakukan tindakan yang buruk berulang kali, seperti merokok, atau menangguhkan pekerjaan, atau makan terlalu banyak. Mari kita melihat hasilnya  hanya dari satu kebiasaan buruk: MEROKOK. Setiap tahun, lebih dari 400.000 orang kehilangan jiwa disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan merokok di Amerika Serikat. Bayangkan, betapa mengejutkan akibat dari suatu kekuatan negatif yang ada pada hanya satu kebiasaan buruk.

Sekarang saya ingin anda berpikir tentang sebuah kekuatan lebih besar, sebuah kekuatan yang dapat membawa anda menjadi sukses, sehat dan bahagia; kekuatan untuk pertumbuhan pribadi yang otomatis positif dan permanen: itulah kekuatan kebiasaan positif. Mari kita lihat sedikit lebih dekat pada arti kata kebiasaan.

Kebiasaan: pola perilaku yang diperoleh secara teratur diikuti hingga menjadi hampir diluar kemauan. Penting dalam definisi ini kata-kata yang diperoleh dan hampir diluar kemauan. Saya akan menanyakan satu pertanyaan kepada anda. Kapan terakhir kali anda duduk dan berkata kepada diri sendiri, “Hari ini saya akan menambahkan kebiasaan baru untuk hidup saya?”

 

Saya akan berusaha menebak bahwa anda mungkin tidak pernah mengatakan kata-kata tersebut. Saat anda membaca artikel ini, anda akan melihat bagaimana mudahnya untuk menambahkan kebiasaan positif untuk kehidupan anda dan upaya yang besar yang harus mengubahnya. Pikirkan kata hampir diluar kemauan. Ini berarti kebiasaan itu  sangat kuat dalam pikiran anda dan bahwa hal itu hampir tidak dapat dihentikan! Sehubungan dengan kebiasaan buruk seperti merokok, menunda-nunda, dan atau makan terlalu banyak, hal-hal itu sangat buruk.

 

Tetapi dengan kebiasaan positif, hal ini sangat bagus. Apa yang dimaksud dengan kebiasaan positif? Suatu kebiasaan positif hanyalah sebuah kebiasaan yang menghasilkan manfaat positif, sikap-sikap dan tindakan-tindakan yang anda ingin peroleh dan menjadi bagian dari hidup anda.

 

Mengapa ada semacam kekuatan besar dalam kebiasaan positif yang mengakibatkan perubahan? Karena kebiasaan-kebiasaan, dengan sangat alami secara otomatis, setelah suatu jangka waktu akan menjadi permanen.

Jadi bagaimana kita lanjutkan tentang penambahan kebiasaan-kebiasaan positif baru untuk kehidupan kita? Ini sangat mudah. Anda cukup mulai mengulangi tindakan, sikap atau proses pemikiran setiap hari selama minimal 21 hari.

 

Penelitian telah menunjukkan bahwa tindakan yang berulang-ulang untuk minimal 21 hari akan menjadi kebiasaan yang permanen. Perlu diketahui bahwa kebiasaan positif memiliki manfaat positif dan Anda akan menuai manfaat yang berlaku selama Anda mempertahankan kebiasaan itu. Jadi sekarang kita tahu bahwa apa kebiasaan yang positif, dan bagaimana untuk memperolehnya, mari kita lihat beberapa kebiasaan positif sederhana yang akan membuat Anda lebih sehat dan produktif.

Dari http://www.thepowerofpositivehabits.com oleh Dan Robey



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: