REAKSI POSITIF

Prinsip 90/10 (dari STEPHEN COVEY).

– 10% dari peristiwa hidup anda yang terjadi akan langsung anda alami tanpa dapat ditolak.
– 90% dari peristiwa hidup anda ditentukan oleh cara anda bereaksi.

Apa maksudnya?
Anda tidak dapat mengendalikan dan menolak 10% dari peristiwa hidup yang terjadi pada diri anda.

Contohnya :
Anda tidak dapat menghindarkan diri dari kemacetan-kemacetan yang tiba-tiba anda hadapi. Pesawat terlambat datang, kendaraan anda yang tiba-tiba mogok dan banyak hal yang akan mengganggu seluruh jadwal anda. Anda tentu tidak dapat mengontrol kondisi yang 10% ini.

Akan tetapi yang 90% lainnya. Anda pasti dapat mengendalikan yang 90% ini.

YAITU…… CARA ANDA MENGAMBIL TINDAKAN…..

Anda tidak dapat mengontrol lampu LALU LINTAS, tetapi anda dapat mengontrol reaksi diri anda terhadap keadaan ini.

SEBAGAI CONTOH
Anda sarapan dengan keluarga anda. Anak anda tidak sengaja menyenggol cangkir minuman anda sehingga pakaian kerja anda menjadi kotor. Anda tidak dapat mengendalikan apa yang baru saja terjadi.

Reaksi anda :
Anda bentak anak anda karena telah mengotori pakaian anda. Anak anda akhirnya menangis. Setelah membentak, lalu anda mengkritik istri anda karena menaruh cangkir pada posisi yang salah.

Maka terjadilah pertengkaran mulut. Anda akan cepat-cepat ganti baju. Kembali ke ruang makan, anak anda masih menangis sambil sarapan. Akhirnya anak anda ketinggalan ikut mobil jemputan sekolah.

Istri anda harus secepatnya pergi kerja. Anda buru-buru ke mobil dan terpaksa mengantar anak anda ke sekolah. Karena anda terlambat, anda tidak memperhatikan rambu-rambu lalu lintas.

Setelah terlambat 15 menit dan terpaksa menerima surat TILANG karena melanggar lalu lintas, akhirnya anda sampai di sekolah. Anak anda secepatnya keluar dari mobil tanpa pamit.

Setelah tiba di kantor dimana anda teelah terlambat 30 menit, anda baru ingat kalau tas anda tertinggal di rumah. Hari kerja anda dimulai dengan situasi buruk. Pada saat tiba di rumah, anda akan menjumpai beberapa gangguan hubungan dengan istri dan anak anda.

MENGAPA ? … Karena cara anda bereaksi SELAMA LIMA DETIK saat sarapan pagi..

TETAPI DIRI ANDA AKAN TERUS BERTANYA-TANYA,

1. Apakah penyebabnya karena kejatuhan MINUMAN ?
2. Apakah penyebabnya karena ANAK anda ?
3. Apakah penyebabnya karena PAK POLISI ?
4. Apakah DIRI ANDA SENDIRI penyebabnya ?

TENTU jawabannya adalah No. 4 yaitu penyebabnya adalah DIRI ANDA SENDIRI.

Anda tidak dapat mengendalikan diri setelah apa yang terjadi pada cangkir minuman itu. Cara anda bereaksi dalam hanya 5 detik tersebut ternyata adalah penyebab hari buruk anda.

Berikut ini keadaannya akan berbeda;

Begitu anak anda akan menangis karena menyiram baju kerja anda, anda akan berkata dengan lembut : “Tidak apa-apa, lain kali hati-hati ya, sayang….” Setelah mengganti pakaian dan mengambil tas, secepatnya anda menuju jendela ruang depan dan melihat anak anda sedang naik mobil jemputan sekolah sambil melambaikan tangan. Anda akan datang ke kantor 15 menit lebih cepat dan dengan wajah cerah menegur staff kantor anda. Bos anda akan mengomentari semangat dan kecerahan hari baik anda itu.

Anda akan melihat keadaan yang jauh berbeda dari dua skenario diatas, yang dimulai dengan keadaan yang sama, tetapi diakhiri dengan keadaan yang sangat berbeda.

Mengapa ?

Ternyata penyebabnya adalah dari cara anda bereaksi !

Anda tidak dapat mengendalikan 10% dari yang terjadi. Tetapi selebihnya yang 90% tergantung dari reaksi diri anda sendiri.

Ini adalah cara untuk menerapkan prinsip 90/10. Jika ada orang yang mengatakan hal buruk tentang diri anda, tidak perlu terpancing. Biarkan serangan tersebut mengalir seperti air di gelas. Jangan biarkan komentar buruk tersebut mempengaruhi anda.
Jika beraksi seadanya atau salah reaksi maka akan menyebabkan anda :
kehilangan teman, dipecat, stress dan lain-lain yang merugikan.

Bagaimana reaksi anda :
Jika mobil anda mengalami kemacetan lalu lintas atau mogok dan anda terlambat masuk kantor ?
Apakah anda akan marah ? Memukul stir mobil ? Memaki-maki ? Apakah tekanan darah anda akan naik cepat ? Siapa yang peduli jika anda datang terlambat hanya 10 detik ? Kenapa anda biarkan keadaan tersebut merusak hari anda ? Cobalah ingat prinsip 90/10 dan jangan khawatir, masalah anda akan cepat terselesaikan.

Contoh lain :
Anda mendapatkan banyak kerugian usaha, mengapa anda sampai tidak bisa tidur dan khawatir akan nasib masa depan anda dan keluarga anda?
Suatu waktu akan ada jalan keluar. Gunakan energi dan waktu yang hilang karena kekhawatiran tersebut untuk mencari keberuntungan yang lain.

Kereta Api terlambat.
Kondisi ini merusak seluruh jadwal anda. Kenapa anda marah-marah kepada petugas tiket di stasiun ? Mereka sendiri tidak dapat mengendalikan keadaan yang terjadi. Kenapa harus stress ? Kondisi ini justru akan memperburuk kondisi anda. Gunakan waktu anda untuk mempelajari situasi, membaca buku atau koran yang anda bawa, atau mengenali dan bercakap-cakap dengan penumpang lain.

Sekarang anda sudah memahami prinsip 90/10. Gunakan dalam kegiatan harian anda dan anda akan kagum atas hasilnya. Tidak ada yang akan hilang dari diri anda dan hasilnya akan sangat mengagumkan.

Berjuta-juta orang di dunia menderita akibat stress, oleh masalah-masalah yang berat, oleh cobaan-cobaan hidup, oleh sakit hati dan penyesalan. Padahal sebenarnya hal ini dapat diatasi jika kita mengerti cara menggunakan prinsip 90/10.

Tetapi yang utama adalah unsur kesabaran dalam mengiringi setiap tindakan;

Hadis riwayat Abu Said Al-Khudri radhiyAllahu ‘anhu: ia berkata: Barang siapa yang bersabar, maka Allah akan membuatnya sabar. Seseorang tidak diberi suatu pemberian yang lebih baik dan lebih luas daripada kesabaran. (dari Sahih Muslim).

Al Furqaan (25) Ayat 75
أُوْلَئِكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَامًا
Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam syurga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya,

Dr. M. Taqiud-Din & Dr. M. Khan:
Those will be rewarded with the highest place (in Paradise) because of their patience. Therein they shall be met with greetings and the word of peace and respect.
from SalafiDB http://salafidb.googlepages.com

2 Tanggapan

  1. reaksi yang salah memang bisa berakibat masalah yang akan berkembang jauh lebih parah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s