AWET MUDA

KIAT-KIAT AWET MUDA ;

Hari-hari berlalu seolah merampas tenaga dari tubuh, melemahkan semangat dari jiwa, dan keadaan tubuh semakin menyusut karena proses penuaan. Menurut Dr. Robert K. Cooper hal demikian bukanlah suatu takdir yang tak terelakkan, kecuali bila Anda sakit kronis atau karena Anda berhenti memperbaharui energi Anda. Jika Anda kehilangan kekuatan otot, mungkin karena Anda berhenti menggunakan otot-otot Anda. Dan jika Anda kehilangan kekuatan mental Anda, itu adalah karena keyakinan yang salah akan proses penuaan.

Antropolog Inggris Ashley Montague menyimpulkan bahwa proses penuaan sebenarnya bergantung pada pilihan dengan menyarankan bahwa ” TUJUAN HIDUP ADALAH BERTAHAN MUDA…..SELAMA MUNGKIN”.


Para ilmuwan menemukan kunci AWET MUDA, bahwa dengan minat intelektual aktif yang luas dan gaya hidup yang penuh semangat: tubuh, pikiran dan semangat Anda dapat terus menguak potensi yang besar, dan besar kemungkinan bisa menyebabkan Anda tetap berpikiran cemerlang atau lebih cemerlang pada usia 70, 80, dan bahkan 90 sebagaimana pada usia 20 tahun.

Setiap waktu dalam kehidupan, kita tumbuh atau sekarat dan sebagian besar hal itu adalah pilihan, bukan takdir. Sepanjang hidup triliunan sel-sel didorong untuk tumbuh dan memperbaiki kemampuannya untuk memanfaatkan lebih banyak kapasitas aslinya yang masih tersimpan.

Peneliti biologi, Albert Szent Gyoergyi, yang telah dua kali menerima hadiah Nobel, menyebut hal ini SYNTHROPY yaitu ”dorongan asal dalam kehidupan untuk menyempurnakan dirinya sendiri.” Hal ini memutarbalikkan pemikiran konvensional.

Dan tujuan sepanjang hidup adalah terus melanjutkan pertumbuhan, bukan hanya menuju kedewasaan. Tetapi tentunya juga dalam rangka untuk bertahan muda selama mungkin, atau untuk dapat awet muda sampai akhir hayat.

Menurut Rene Dubos dalam rangka menyumbang kiat-kiat AWET MUDA ; Kegeniusan adalah masa kecil yang terulang kembali. Agar kejeniusan ini terwujud, kita harus mengulang atau mencegah hilangnya ciri masa kecil kita.

Ciri masa kecil adalah dalam hal kemampuan belajar, menyayangi,, menertawakan hal-hal kecil, berkembang, mencari tahu, dan bertualang. Maka sudah waktunya kita menyelamatkan diri kita dari kebiasaa-kebiasaan orang-orang dewasa sebelum terlambat, kebiasaan-kebiasaan yang mungkin ada pada diri Anda yang menghambat peremajaan mental maupun fisik.

Rahasia untuk AWET MUDA adalah juga menemukan cara-cara sederhana dan biasa untuk menantang otak dan indra guna meluaskan prestasi dan memperlambat penuaan. Jika kita menolak pola pikir yang penuh batasan, kita memiliki kesempatan lebih besar untuk menggantikan tahun-tahun kemerosotan dengan tahun-tahun penuh dengan pertumbuhan dan pencapaian tujuan. Pola pikir penuh batasan dipengaruhi oleh banyak hal, seperti oleh martabat, oleh kewibawaan dan yang paling buruk ialah oleh keangkuhan semata.

Dari Bulughul Maram oleh -Ibnu Hajar Al-Ashqolani-

Dari Iyadl Ibnu Himar Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku agar kalian merendahkan diri, sehingga tidak ada seorang pun menganiaya orang lain dan tidak ada yang bersikap sombong terhadap orang lain.”

Dalam rangka untuk AWET MUDA, bermain merupakan sesuatu yang layak dikejar dan bisa menjadi stimulus kreatif bagi pekerjaan-pekerjaan yang paling penting. Bermain mungkin merupakan faktor paling penting dalam proses evolusi perilaku sosial serta kehidupan mental dan spiritual manusia.

Gunakan pancaindra seolah ini hari terakhir anda. Jika dikembangkan dan digunakan secara aktif indra-indra yang ada akan menjadi pintu dan jendela dunia kita. Indra-indra itu memberikan kekayaan dan keselarasan bagi kehidupan. Namun, jika kurang dimanfaatkan dengan baik, indra-indra itu akan menekan kita ke dalam koridor-koridor sempit kekosongan dan perasaan frustasi. Dalam banyak kasus, semakin kaya pengalaman sensoris, semakin lambat proses penuaan.

Berikut dibawah ini beberapa langkah untuk hidup awet nuda dan atau untuk bertahan muda selama mungkin;

Jadilah orang yang penuh dengan keingintahuan untuk menjelajahi hal-hal yang baru dengan menghindari pendapat-pendapat yang terbentuk sebelumnya. Kalau mungkin jadilah si Peppy The Explorer yang ditayangkan oleh satu Studio Televisi.

Bersenang-senang, gelak tawa, canda ria dan bermain-main seolah-olah diri Anda tidak harus tumbuh dewasa. Yang ternyata ada hikmah yang besar dibalik itu semua seperti yang diungkapkan dibawah ini;

Al ‘Ankabuut (29) -Ayat 64- Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenar-benarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.

Dr. M. Taqiud-Din & Dr. M. Khan:

And this life of the world is only amusement and play! Verily, the home of the Hereafter, that is the life indeed (i.e. the eternal life that will never end), if they but knew

Yusuf Ali:

What is the life of this world but amusement and play? but verily the Home in the Hereafter,- that is life indeed, if they but knew.

Latihan aerobik rutin dapat menguatkan kemampuan memulihkan diri secara cepat dari situasi-situasi stres tinggi, serta memungkinkan Anda menghadapi tantangan dengan lebih berenergi dan sepantasnya.

Memandangi keindahan alam dan memandangi kebesaran ciptaan-ciptaan Allah lainnya.

Qaaf (50) Ayat 6: Maka apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada di atas mereka, bagaimana Kami meninggikannya dan menghiasinya dan langit itu tidak mempunyai retak-retak sedikitpun ?

Dr. M. Taqiud-Din & Dr. M. Khan:

Have they not looked at the heaven above them, how We have made it and adorned it, and there are no rifts in it?

Yusuf Ali:

Do they not look at the sky above them?- How We have made it and adorned it, and there are no flaws in it?

Diangkat dari tulisan di buku 90% Potensi Tersembunyi Diri Anda oleh Dr. Robert K. Cooper (Pelatih Kepemimpinan Ranking 1 selama 5 tahun di AS).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: