Turn ON & OFF Komputer dengan cepat

Apabila komputer anda  versi Windows XP  atau yang lebih baru ada program Hibernasi untuk mempercepat On dan Off komputer anda.
Hibernasi adalah tidur panjang di musim dingin, ada beberapa binatang yang selama musim dingin tidur panjang untuk menunggu sumber-sumber pangan yang akan tumbuh di musim semi.
Istilah ini dipakai juga untuk mematikan komputer, artinya ketika anda klik Turn Off Computer, maka anda tidak memilih Shut Down, tetapi dapat memilih HIBERNATE.

Dengan memilih klik Hibernate ini, anda akan menghemat waktu maupun menghemat energi listrik dalam mematikan ataupun menyalakan komputer anda.

Kalau sebelumnya komputer akan beroperasi normal diatas lima menit, maka dengan cara Hibernate ini komputer akan beroperasi paling lambat 30 detik atau bahkan dalam waktu 10 detik. Bayangkan kalau anda perlu data yang cepat dari komputer anda, cara inilah pasti yang paling jitu, bukan?.

Program program yang sebelumnya berjalan ketika sebelum hibernasi akan tetap berjalan ketika komputer anda dinyalakan, karena Windows menyimpan semua kondisi di Hard Disk (juga kondisi memori RAM). Ketika komputer dinyalakan proses RESTORE akan berjalan.

Syarat syarat yang diperlukan adalah;

1. Ikon Stand by pada kondisi Turn Off Computer adalah aktif, kalau tidak aktif (tidak bisa di-klik) berarti  driver chipset belum diinstall pada motherpboard komputer anda.

2. Anda mengaktifkan lebih dulu fitur Hibernasi yang terletak di Control Panel, yaitu dengan membuka Power Options dan anda mengklik Enable Hibernation pada kotak kosong yang tersedia, lalu klik Apply dan klik OK.

3. Ada sisa ruang di Hard Disk komputer anda sekitar 1 Giga lebih sedikit untuk menyimpan memori program-program yang masih berjalan.

Apabila syarat terpenuhi, maka anda klik Turn Off Computer, setelah itu anda tekan tombol Shift, maka pada boks Stand By akan berubah menjadi Hibernate,  anda klik Hibernate berbarengan anda menekan tombol Shift. Maka anda akan melihat Windows gelap dan tertulis preparing Hibernate, lalu hibernating …..dan segera computer anda akan Off.

Ketika tombol shift ditekan tulisan Stand By akan berubah menjadi Hibernate.

Ketika menyalakan kembali komputer anda, maka akan muncul Computer resuming……dan maka akan muncul seluruh program yang masih berjalan seperti sediakala.

Pada Windows 7 tombol hibernasi sudah tersedia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: