Pelopor Tenaga Matahari Dunia

Pelopor Tenaga Matahari Dunia dari Cina, Huang Ming memenangkan hadiah ‘Nobel Alternatif’. Huang Ming adalah salah satu pengusaha terkaya di Cina. Dia adalah salah satu dari empat pemenang the 2011 Right Livelihood Awards, yang kadang-kadang disebut juga Hadiah Nobel Alternatif.

Right Livelihood Awards Foundation didirikan pada 1980 oleh seorang dermawan Swedia-Jerman Jakob von Uexkull untuk menghargai karya-karya dunia yang beliau rasa  diabaikan oleh Yayasan Hadiah Nobel.

Dalam sebuah pernyataan dari Yayasan Right Livelihood Awards bahwa pemenang tahun ini “mengubah sorotan pada solusi untuk kesalahan global”.

Huang Ming pada bulan Januari 2011 menerima CCTV yaitu Hadiah Inovasi Angka Ekonomi Cina; “… Untuk sukses luar biasa dalam pengembangan dan penyebaran besar-besaran teknologi terdepan untuk memanfaatkan energi tenaga matahari, sehingga menunjukkan bagaimana negara berkembang dinamis dapat berkontribusi untuk menyelesaikan krisis global perubahan iklim antropogenik. “

Huang Ming adalah seorang visioner, berdedikasi, dan pengusaha yang bergairah dan pembuat perubahan di bidang energi panas matahari. Ia mendirikan Solar Valley di Dezhou sebagai contoh nasional dan global untuk tenaga matahari sebagai alternatif realistis terhadap fosil dan energi nuklir dan emisi CO2 yang meningkat.  Pada tahun 2005,Huang Ming berperan dalam merancang UU Energi Yang Dapat  Diperbaharui yang berlaku di Cina, sehingga membangun sebuah kasus yang kuat bagi negara untuk mengambil peran utama dalam mencegah perkembangan kekacauan iklim.

Huang Ming lahir pada tanggal 10 Maret 1958. Dia bekerja sebagai seorang insinyur di Lembaga Penelitian Minyak Dezhou. Setelah kelahiran putrinya, ia menjadi khawatir tentang lingkungan hidup dan anak-anak lainnya karena polusi. Dia memulai karirnya di bidang energi matahari diam-diam, tanpa berhenti dari pekerjaannya di institut, karena gajinya dibutuhkan untuk mendanai penelitian awal tenaga matahari.

Seorang pengusaha tenaga matahari global

Hari ini, Huang Ming adalah salah satu pemimpin dunia dalam energi panas matahari. Ia mendirikan dan menjalankan Himin Solar di Kota Dezhou. Keunikan Himin adalah tidak hanya dalam inovasi teknologi dan keterjangkauan produk-produknya, tetapi dalam aplikasi yang sangat besar dan demonstrasinya di Lembah Surya Dezhou itu.

Solar Valley di Dezhou adalah salah satu dari proyek perkembangan kota tenaga matahari terbesar dunia. Yang mencakup tiga pabrik tabung vakum, tiga pabrik pemanas air, sebuah kompleks perkantoran dan hotel,  universitas tenaga surya, sebuah kompleks olahraga dan hiburan, taman dan apartemen. Solar Valley dimaksudkan untuk membawa bersama-sama pengembang, perencana kota, direktur sekolah, direktur rumah sakit, dan untuk menetapkan contoh nasional dan global dari tenaga matahari sebagai solusi yang layak. Tempat ini menerima pengunjung 1500-4000 per hari. Berkat Solar Valley, Kota Dezhou telah memenangkan penghargaan China Solar City.

Huang Ming adalah seorang penemu dan pengembang, yang visioner dan misioner, produsen dan pengusaha sekaligus dalam satu pribadi. Meskipun besar sekali kesuksesan dan prestasinya, ia tetap menjadi orang yang sederhana, berbicara secara terbuka tentang kekurangan dan di area mana ia melihat kebutuhan untuk perbaikan, tetapi juga tentang ketakutan bahwa kecepatan mengganti bahan bakar fosil dengan energi terbarukan terlalu lambat dan di banyak negara tidak cukup mampu untuk  berbisnis mengimbanginya.

Visi
Huang Ming dengan penuh gairah mengajarkan dunia bahwa surya adalah solusi, bahwa nuklir harus dihentikan dan bahwa Cina bisa menjadi masyarakat rendah karbon atau bahkan nol karbon. Tujuannya adalah untuk membuat sistem tenaga matahari populer di Cina dan untuk memastikan semua pemanas dan  semua pendingin di Cina dilakukan dengan tenaga matahari. Huang Ming percaya bisnis banyak memiliki tawaran dan berkontribusi pada transisi ke masa depan yang berkelanjutan.

Undang-undang, katanya, dapat membantu mendorong implementasi energi terbarukan, tetapi orang-orang harus bertindak juga. Moto Huang Ming adalah “Untuk langit biru dan awan putih bagi generasi kemudian hari, menggunakan produk berkualitas untuk mempromosikan energi substitusi “.

dari BBC News 29-09-2011 bbc.com
NINGBO.inc
www.himinsun.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: